Desmond: Saya Pikir Akom Akan Melawan

Selasa, 29 November 2016 – 18:25 WIB
Ade Komarudin (depan), usai menggelar jumpa pers. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Gerindra Desmond J Mahesa menilai rencana pergantian Ketua DPR dari Ade Komarudin (Akom) kepada Setya Novanto seperti diusulkan Partai Golkar sudah tidak ada persoalan lagi.

Desmond mengaku sempat berpikir akan ada perlawanan seperti dilakukan Fahri Hamzah.

BACA JUGA: Kubu Irman Gusman Siapkan Patahkan Tuduhan Jaksa

"Ini internal Partai Golkar, saya menduga Akom akan melakukan perlawanan seperti Fahri Hamzah, ternyata tidak. Ngapain dipermasalahkan. Kalau Akom melakukan perlawanan baru kami lihat soal hukum," kata Desmond di kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (29/11).

Wakil Ketua Komisi III ini melihat dari dua aspek. Pertama, dari sisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), dan kedua masuk ranah Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

BACA JUGA: Duduk Berdzikir, Dengarkan Tausiyah, Tanpa Orasi

"Bicara MD3, Ketua DPR dan perangkatnya tak bisa diatur lagi oleh fraksinya, sudah dikunci. Tapi kalau Akom-nya mau, masa kami permasalahkan," ujarnya.

Sedangkan mengacu pada MKD, Novanto pernah mengundurkan diri terkait skandal Papa Minta Saham. Tapi, dengan keikhlasan Akom, maka tidak ada lagi permasalahan.

BACA JUGA: Jelang 2 Desember, Jokowi Panggil Cak Imin

Kalau pun nantinya sah kembali menjadi Ketua DPR, politikus daerah pemilihan Banten ini hanya berharap Novanto yang pernah gagal bisa lebih berhati-hati. Soal risiko, itu menurut Desmond menjadi tanggungan partai berlambang beringin rindang.

"Risiko Golkar sendiri. Harapannya pengalaman merusak citra DPR tidak terjadi lagi. Pak Nov memimpin DPR bukan mimpin Golkar. Jangan memimpin Golkar di DPR, tapi jadilah Ketua DPR yang benar," pungkasnya. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... CV Semesta Berjaya Akui Irman Gusman Minta Fee


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler