Dianggarkan Rp 300 Miliar untuk Bebaskan Lahan Tol Manado-Bitung

Rabu, 22 September 2010 – 00:22 WIB

JAKARTA - Proyek pembangunan jalan tol Manado-Bitung akan digenjot tahun depanDalam RAPBN 2011, dana untuk sektor infrastruktur telah diplot anggaran sekitar Rp200-300 miliar khusus untuk pembebasan lahan dari Manado-Bitung.

"Karena masalah infrastruktur di Manado-Bitung sudah crowded dan mendesak untuk dibangun jalan tol, maka di RAPBN 2011 telah dimasukkan plot anggaran untuk pembangunan jalan tol," kata Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Olly Dondokambey kepada JPNN, Selasa (21/9).

Diakuinya, untuk membangun jalan tol Manado-Bitung memang butuh waktu dan anggaran yang tidak sedikit

BACA JUGA: Dana Tak Cair, RSU Undata Kehabisan Stok Obat

Karena itu untuk pendanaan jalan tol tersebut sifatnya bertahap
Sebagai langkah pertama, dana akan digunakan untuk pembebasan lahan di kawasan jalur tol

BACA JUGA: Kejati NTB Proses 65 Kasus Korupsi

"Dana awal yang kita plotkan untuk tahun depan sekitar Rp200-300 miliar," ucapnya.

Selain menggenjot dana jalan tol Manado-Bitung, ditambakan pula oleh anggota DPR RI asal Sulut bahwa proyek di lain di Sulut yang diperjuangkan di RAPBN 2011 adalah pembangunan jalan lingkar Manado tahap dua
Rencananga, untuk untuk pembebasan lahannya diplotkan sekitar Rp200 miliar.

"Jalan lingkar Manado juga mendesak dibangun

BACA JUGA: Bayi Dibuang Orang Tua, Warga Rebutan Mengadopsi

Ini juga akan diprioritaskan pada 2011 di mana anggaran pembebasan lahannya kita plotkan sekitar Rp200 miliar," terangnya.

Bagaimana dengan jembatan Soekarno di Manado? "Tetap masuk prioritas juga dengan anggaran yang kita plotkan sekitar Rp150 miliar," tandasnya.

Sementara ketua Komisi V DPR RI, Yasti Soepredjo Mokoagow, mengatakan bahwa pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah siap melakukan pembangunan kapan saja asalkan lahannya sudah tersedia.

"Karena BPJT dan Jasa Marga merupakan mitra Komisi V, saya akan berjuang agar target pembangunan jalan tol Manado-Bitung bisa secepatnya direalisasikanApalagi ini terkait dengan dijadikannya Sulut sebagai pintu gerbang Asia Timur," kata Yasti

Sebelumnya Kepala BPJT Nurdin Manurung mengatakan, pemerintah pusat siap membangun jalan tol Manado-BitungSyaratnya pemerintah daerah menyediakan lahan untuk pembangunan jalan tolSebab selama ini yang jadi hambatan pembangunan jalan tol karena pembebasan lahan(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ubi Jalar Diserang Hama, Warga Terancam Kelaparan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler