Digodok, Integrasi SMA dan Seleksi Masuk PTN

Jumat, 19 November 2010 – 19:11 WIB

JAKARTA -- Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Joko Santoso mengatakan, Kemdiknas tengah merumuskan formula mengenai integrasi seleksi masuk dari jenjang SMA/SMK ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Berbagai persiapan hingga saat ini masih terus dilakukanBahkan, kita juga telah membentuk dua macam seleksi penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

BACA JUGA: Kemdiknas Masih Olah Hasil Uji Publik RSBI

Antara lain, ujian tertulis dan mahasiswa undangan seperti PMDK,” ungkap Djoko di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Jumat (19/11).

Mantan Rektor ITB tersebut menjelaskan, untuk mahasiswa undangan cukup menggunakan nilai raport dan Unas
Sedangkan tes tertulis digunakan bagi PTN yang tidak menggunakan jalur penerimaan mahasiswa undangan. 

Dalam menyusun formula integrasi ini, sejumlah rektor di PTN masih mencoba merumuskan sambungan antara ujian nasional (Unas) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

BACA JUGA: Kemdiknas Galakkan Sosialisasi Aturan Kepsek

Kemdiknas mengharapkan jangan sampai ada tumpang tindih
“Kita harus merumuskan, tes seperti apa yang paling pas? Atau, nanti rumusan yang dipikirkan kalau perlu tidak pakai tes lagi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Djoko menambahkan, dalam penyusunan formula integrasi SMA dan PTN ini, pemerintah tetap memasukkan syarat bahwa siswa yang mengikuti seleksi PTN harus dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN)

BACA JUGA: Kepsek Tetap Profesi Akademis

“Meskipun sedang dibentuk dua bentuk seleksi penerimaan PTN, namun kelulusan UN tetap menjadi syarat utama bagi siswa yang ingin melanjutkan ke PTN,” ujarnya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... RSBI Butuh Guru Bahasa Lampung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler