Dirjen Pajak Yakin Gayus Bukan Pemain Tunggal

Rabu, 31 Maret 2010 – 17:42 WIB
JAKARTA — Tertangkapnya Gayus Tambunan pada Selasa (30/3) malam di Singapura, membuat lega banyak pihakDirektur Jenderal Pajak Kementrian Keuangan, M Tjiptardjo pun yakin, seluruh modus operandi dan pihak-pihak yang terlibat kasus penggelapan pajak senilai Rp 25 miliar lebih tersebut akan terbongkar dalam waktu dekat.
 
"Gayus pasti akan membuka semuanya

BACA JUGA: Jampidsus Tambah 5 Tersangka Baru

Siapa perusahaan, konsultan dan tidak menutup kemungkinan ada orang dalam
Nanti pasti terbongkar modus dan siapa saja yang terlibat," tegas Tjiptadjo pada wartawan, Rabu (31/3) di Jakarta.
 
Tjiptardjo pun mengatakan bahwa penyelidikan kasus penggelapan pajak akan dilakukan secara intensif

BACA JUGA: Kasus Century Bukan Alasan Reshuffle

Terutama untuk melakukan evaluasi di internal Ditjen Pajak sendiri
Salah satu langkah perdana yakni menon-aktifkan sekitar 10 orang jajaran Ditjen Pajak yang berkaitan dengan tugas Gayus

BACA JUGA: Rehabilitasi Hutan, Perlu Rp100 Triliun

"Bisa saja lebih, tapi kita lakukan bertahapSiang ini, (Gayus) akan datang ke Satgas untuk diperiksa," katanya.
 
Bukan hanya melakukan evaluasi di internal Ditjen Pajak, evaluasi juga dilakukan di Pengadilan PajakKarena Kemenkeu tidak bisa masuk ke Pengadilan pajak, maka kata Tjiptardjo yang akan dilakukan adalah bekerjasama dengan semua pihak guna melakukan evaluasi bersama terkait kasus ini.

"Perbuatan Gayus ini merugikan semua pihakNanti akan kami lacakPerbuatannya tidak sendiriKalau terlibat pasti kami akan berhentikan (yang terlibat),’’ tegas Tjiptardjo.

Sementara itu terkait indikasi adanya keterlibatan Direktur keberatan dan banding Ditjen Pajak, Tjiptardjo mengatakan bahwa hal tersebut masih memerlukan penyelidikan lebih dulu"Terbukti atau tidak, itu harus melalui pemeriksaanSemuanya nanti diperiksa duluYang salah administrasi akan disanksi administrasiYang pidana ya masuk pidana," katanya.

Perihal sulitnya media massa untuk mendapatkan keterangan dari atasan Gayus di Ditjen Pajak, Tjiptardjo pun menyatakan kekecewaannyaTerlebih lagi setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani berjanji akan transparan kepada publik terkait pengungkapan kasus Gayus.

"Saya sendiri juga kecewaPadahal sudah saya fasilitasiTapi itukan hak asasi manusia, tertuama sama orang yang terpojokSaya sudah bilang untuk hadapi sana (media massa)Masa saya terus yang ngomong? Sekarang tergantung dia berani ngomong atau tidakTunggu saja, kalau perlu tongkrongin nomor mobilnya," kata Tjiptardjo.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaksa Agung Tak Dilapori


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler