Dirumuskan, Porsi Bantuan Dana ke PTN

Senin, 17 Januari 2011 – 19:24 WIB

JAKARTA—Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh menjelaskan, pihaknya tengah menyiapkan struktur anggaran khusus, terutama untuk jenjang perguruan tinggi negeri (PTN)Mendiknas menjelaskan, struktur anggaran khusus ini bertujuan untuk menghadapi adanya rencana penghapusan penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri di tahun 2012 mendatang.

Dikatakan, sumber anggaran di PTN tersebut ada tiga macam

BACA JUGA: Mayoritas Pengajar Dinilai Masih Ketakutan

Pertama, berasal dari siswa melalui SPP
Kedua, dari pemerintah

BACA JUGA: Kaji Penambahan Jam Pelajaran Agama

Ketiga, dari dana mandiri PTN melalui kerjasama riset.  Menurutnya, struktur anggaran ini ke depannya  akan lebih ditata kembali terutama mengenai porsi dana pendapatan PTN.

“Ke depan, struktur ini akan kita tata kembali terutama mengenai porsi
Misalnya, jika PTN dapat menaikkan porsi pendapatan dari dana penelitannya, maka pemerintah akan memberikan insentif

BACA JUGA: Jangan Sembarangan Pilih Pencetak Soal Unas!

Sebaliknya, jika PTN menaikkan porsi pendapatan dari besaran SPP mahasiswa, maka pemerintah akan menurunkan insentifnyaTurunkan di sini artinya mengurangi,” jelas Mendiknas ketika ditemui usai rakat kerja (Raker) bersama Komisi X di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/1).

Mendiknas menyebutkan, porsi dana pendapatan setiap PTN berbeda-bedaMendiknas mengumpamakan, jika awalnya dana penelitian mencapai Rp 1 miliar dan dana insentif pemerintah Rp 100 miliar, maka jika PTN mampu menaikan dana penelitian hingga Rp 2 miliar, dana insentif akan ditambah menjadi Rp 120 miliar“Sehingga, jika PTN menaikkan dana penelitian, maka secara otomatis anggaran total seluruh PTN yang bersangkutan akan naik drastis,” ujarnya.

Dijelaskan, masalah ini tidak membutuhkan persetujuan PTN“Masalah ini bukan urusan setuju tidak setuju, tetapi ini policy ke depan di tahun 2012.Sehingga, dengan adanya struktur anggaran seperti itu maka kawan-kawan (PTN) akan semakin bersemangat,” imbuhnya(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perketat Pengawalan Dana BOS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler