Diusulkan, BUMN Sektor Peternakan

Jumat, 12 Maret 2010 – 13:48 WIB
JAKARTA- Ketua Himpunan Alumni Fakultas Peternakan IPB se Indonesia (HAFPII), Ir Rifda Ammarina mengusulkan agar pemerintah konsisten mendukung sektor pertenakan dengan segera membentuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor Peternakan. 

"Sudah saatnya, ada BUMN sektor peternakanKarena selama ini potensi yang kita miliki, tidak terakomodir dengan maksimal hanya karena kurang sinerginya antara kebijakan dan regulasi pemerintah serta investasi dengan kepentingan mensejahterakan peternak dan petani," kata Rifda saat pembukaan Agrinex International Expo, di Jakarta Conventation Center, Jumat (12/3).

Rifda menambahkan bahwa usulan mengenai pembentukan BUMN sektor peternakan bukan sekedar wacana

BACA JUGA: Indonesia Mimpi Memberi Makan Dunia

Namun IPB telah serius menindaklanjutinya kepada Menteri BUMN, Menteri Pertanian dan Wapres meski baru pada usulan secara lisan.
      
"Namun besok (Sabtu, 13/3), kita akan gelar seminar nasional dan hasilnya nanti akan kita sampaikan usulan secara tertulis
Karena keberadaan BUMN sektor peternakan ini sudah sangat mendesak diperlukan

BACA JUGA: Sektor Pertanian Masih Jalan Sendiri

Kita harus bisa analisa bersama bahwa 60 persen penerima BLT di negara ini adalah petani dan peternak," kata Rifda.
      
Paling tidak kata Rifda, dengan adanya BUMN khusus sektor peternakan, bisa mengurangi permainan "tunggal" perusahaan besar yang bergerak di sektor pakan ternak dan bibit
Selama ini pemain dari perusahaan besar tersebut, sulit disaingi dan ikut menentukan harga komoditi yang berkaitan erat dengan kesejahteraan petani dan peternak.
      
"Dengan adanya BUMN sektor peternakan, pemerintah bisa memberikan alokasi subsidi yang jelas berdampak langsung pada petani dan peternak

BACA JUGA: Moral Manajerial BI Dinilai Masih Rendah

Selama ini sektor-sektor tersebut dikuasai oleh perusahaan besar dan mereka bermain tunggal tanpa sainganSehingga harga yang diterima peternak dan petani tidak kompetitif," jelas Rifda.
      
Usulan pembentukan BUMN sektor peternakan ini mendapat dukungan penuh dari Rektor IPB, Ir Herry SuhardiyantoPada JPNN, Herry mengatakan bahwa usulan pembentukan BUMN sektor peternakan ini harusnya sudah terbentuk sejak lamaKarena potensi yang dimiliki selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah dari sisi aturan dan kebijakan.
      
"Di IPB kita sudah lama membuat kajian pembentukan BUMN sektor peternakan iniKarena berkaitan dengan kepentingan nasionalBUMN inikan milik negara,jadi peran BUMN yang fokus pada sektor tersebut sangat pentingIPB siap memberikan dukungan dalam bentuk riset,pola konsumsi, bentuk organisasi dan pilihan komoditas," kata Herry.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dana Stimulus untuk Industri Kreatif


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler