Dongkrak Semangat Berbisnis Kaum Muda via #WirausahaMerdeka

Sabtu, 09 Juni 2018 – 15:11 WIB
Konferensi pers program #WirausahaMerdeka. Foto: PT IndoSterling Technomedia

jpnn.com, JAKARTA - PT IndoSterling Technomedia berusaha menumbuhkan kesadaran berwirausaha di Indonesia melalui situs pencari bernama LOKAmedia.

Mereka mewujudkannya dengan melakukan pelatihan dan asistensi kepada 20 calon pengusaha lewat kegiatan bertajuk #WirausahaMerdeka.

BACA JUGA: DPR Gelar Bazar dan Pasar Murah untuk Bantu Gairahkan UMKM

Vice President Group Business Development PT IndoSterling Technomedia Mega Anindya mengatakan, program itu memberikan asistensi dan pelatihan kepada 20 orang calon wirausahawan.

"Mereka ini dibagi ke dalam empat kelompok untuk mengikuti serangkaian modul pelatihan dan sharing sessions. Kegiatan ini sejalan dengan misi LOKAmedia dalam menumbuhkan semangat wirausaha di Indonesia," kata Mega, Jumat (8/6).

BACA JUGA: Usaha Mikro Garut Hasilkan Rp 1,79 Triliun

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan kegiatan #WirausahaMerdeka itu, pihaknya telah melakukan pembaruan dari situs pencari LOKAmedia.

Dalam versi terbaru LOKAmedia 2.0 dihadirkan sejumlah fitur baru yang dilengkapi dengan dashboard statistik lebih komprehensif.

BACA JUGA: Industri BPR-BPRS jadi Mitra Strategis Pelaku UMKM

Hal itu akan semakin memudahkan konsumen menemukan usaha para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dunia maya.

"Kami juga memberikan fitur baru berupa chat-room untuk UMKM supaya bisa langsung berkomunikasi dengan konsumennya. Dalam versi LOKAmedia 2.0 ini, UMKM yang bergabung sebagai listing akan mendapatkan pula bonus 1. 000 kredit penayangan,' ujar Mega.

Sementara itu, Communication Director IndoSterling Group Deasy Sutedja menjelaskan, kegiatan #WirausahaMerdeka merupakan cara konkret dalam menumbuhkan semangat wirausaha sekaligus juga menguatkan ekonomi nasional yang bertumpu pada kekuatan UMKM.

Dia menambahkan, LOKAmedia sebagai hyper local directory engine diharapkan bisa menjadi ruang virtual bagi para pengusaha yang ingin mempromosikan usahanya secara digital.

"Sebagai aplikasi dan situs pencarian, LOKAmedia sangat membantu pengguna untuk menemukan segala kebutuhan barang dan jasa dalam radius 0-12 km dari lokasi titik pencarian," kata Deasy.

"Harapan lainnya, LOKAmedia ini akan mampu menjadi media promosi yang jauh lebih terjangkau serta bisa disesuaikan dengan objektive marketing atau komunikasi dari masing masing pelaku UMKM," tambah Deasy.

Sementara itu, influencer digital Gofar Hilman menyambut positif dari adanya #WirausahaMerdeka.

Gofar yang juga menggeluti dunia hiburan tanah air sebagai komedian, penyiar radio, aktor sekaligus juga pelaku usaha muda, melihat kegiatan semacam ini sangat berharga bagi kaum muda yang ingin memulai diri sebagai pengusaha.

"Kegiatan ini sangat membantu karena diberikan pelatihan sekaligus sharing pengalaman dari orang-orang yang sudah mempunyai mengalami jatuh bangun usahanya," kata Gofar.

Gofar melanjutkan, di tengah maraknya jualan barang via online atau e-commerce, kreativitas dalam menjual barang dagangan, tetap menjadi mata uang utama.

Meski demikian, sentuhan antarmanusia, tetap lebih utama dibandingkan kekuatan digital.

"Meski digital media itu penting, tapi sentuhan manusia tetap lebih penting," ujar pemilik akun @pergijauh itu. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dapat Bantuan PKBL Jamkrindo, Usaha WIN Batik Makin Maju


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler