DPD Ajak Daerah Manfaatkan WIEF

Rabu, 04 Maret 2009 – 16:30 WIB

JAKARTA – Wakil Ketua DPD RI, Irman Gusman, selaku Ketua Panitia Pengarah Forum Ekonomi Islam Dunia atau World Islamic Economic Forum (WIEF) ke-5, berharap agar daerah dapat memanfaatkan kesempatan seoptimal mungkin dan menggali lebih jauh peluang investasi di Indonesia demi kepentingan rakyat dan bangsa.

“Saya menghimbau Saudara sekalian untuk memanfaatkan kesempatan yang baik ini dan menggali lebih jauh kesempatan berinvestasi di Indonesia demi kepentingan rakyat dan bangsa,” kata Irman saat membuka 5th WIEF Post-Forum di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Rabu (4/3).

"Terutama peranan para gubernur, bupati, dan walikota, mengingat sektor swasta sangat menekankan kredibilitas lembaga yang khusus mengatur sektor swasta, yang secara langsung akan bekerjasama dengan pihak investor," ucap Irman.

Forum ini, lanjut Irman, sengaja dilakukan guna mendorong investasi ke daerah hingga banyak melahirkan kesepakatan dalam hubungan bisnis dan pembangunan daerah di Indonesia yang dipertegas dalam Memorandum of Agreement (MOA).

“Indonesia telah menunjukkan keinginan dan komitmen untuk memperbaiki investasi dengan memperjelas peran sektor swasta dan sektor publikMenyadari investor swasta akan selalu mencari kejelasan dan kepastian mengingat kepentingan mereka mengelola resiko berinvestasi, dibutuhkan kerangka pengelolaan resiko yang praktis,” tegas Irman.

Kerangka tersebut harus menanggapi kelemahan berbagai kebijakan investasi dan menentukan jenis dan cara pengelolaan resikonya

BACA JUGA: Kampanye Tak Akan Pengaruhi Inflasi

“Harus ada langkah yang terbaik untuk mengurangi resiko yang dihadapi sektor swasta ketika mereka mempertimbangkan akan berinvestasi di Indonesia.”

Menurut Irman, agenda 5th WIEF Post-Forum difokuskan mengenai peluang-peluang berinvestasi di daerah-daerah, antara lain, pada sektor minyak dan gas, pertambangan, pertanian, infrastruktur, keuangan, dan pariwisata.

Ia menggarisbawahi beberapa poin agenda 5th WIEF Post-Forum yang bermanfaat untuk daerah-daerah sebagai peserta
Setelah peluang sektor-sektor teridentifikasi dan didukung sektor swasta melalui sumber-sumber dayanya, diharapkan semakin memulih kepercayaan investor terhadap kebijakan ekonomi dan investasi di Indonesia.

Pengembangan suatu kerangka pengelolaan resiko yang praktis untuk sektor swasta harus segera dilakukan

BACA JUGA: Tangerang Alami Deflasi Terendah

DPD memahami harapan investor swasta agar kebijakan investasi di Indonesia dirasionalisasi disertai aturan pembiayaan yang sekompetitif mungkin
Langkah-langkah utama yang dapat diambil Pemerintah seperti rencana komprehensif untuk meningkatkan pelayanan publik.

Selama penyelenggaraan WIEF ke-5, Irman mengatakan, terdapat kesempatan untuk memperoleh informasi yang sangat berharga dan berdiskusi intensif guna beroleh jawaban bagaimana mengatasi krisis ekonomi dunia

BACA JUGA: Asing Minati Pasar Syariah

“Dapat disimpulkan bahwa untuk mengatasi krisis dunia kuncinya adalah komunikasi, perundingan, inovasi, dan kreativitas untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa ini,” ujarnya(fas/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Industri Migas Tingkatkan Local Content


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler