DPD Ajak Pemda Sinergis

Jumat, 25 November 2011 – 10:09 WIB

JAKARTA--Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengajak semua jajaran pemerintah daerah untuk bisa membangun sinergisitasDalam artian, perjuangan DPD di tingkat pusat harus bisa sejalan dengan misi pembangunan di daerah

BACA JUGA: Sutjipto Berpulang

Seperti yang disampaikannya dalam acara pembukaan rapat kerja daerah Sekretariat Jenderal DPD RI bersama seluruh Sekeretaris Provinsi (Sekprov), di Hotel Mercure, Kamis (24/11) malam tadi


Kata dia, sinergisme untuk efektifitas pemberdayaan daerah sangat penting

BACA JUGA: Lumpuh dan Mengecil, Titin Menanti Uluran Dermawan

Tidak hanya dalam kepentingan jangka pendek
Tetapi untuk tujuan jangka panjang yang lebih komprehensif.

"Kita telah mengikuti perjalanan reformasi selama lebih dari satu dasa warsa

BACA JUGA: FITRA: JR Saragih Penuhi Delik Korupsi

Dan pada beberapa hal masih kita lihat ada yang belum duduk dengan tepatKami percaya, jajaran daerah yang paling merasakan itu, dan denyutnya bisa kami rasakan di pusat," ujar Irman mengawali sambutannya.

Kata dia, DPD baik secara kelembagaan maupun perorangan sebagai legislator telah cukup banyak melakukan interaksi baik dengan masyarakat konstituen maupun pemerintah daerah.

"Dari sekian banyak interaksi itu, memang ada yang sudah berhasilTapi harus diakui, masih banyak pula yang belumMakanya, interaksi selama beberapa hari ke depan ini menjadi sangat penting," tuturnya.

Ia menegaskan, DPD secara kelambagaan berkomitmen untuk mengintensifkan interaksi dan konsolidasi dalam rangka tukar menukar informasi demi kemajuan daerah.

"Memang tidak mudah perjalanan dan situasi yang dihadapi DPD dalam konfigurasi politik nasional saat iniBelum lagi ditambah dengan berbagai perilaku politik yang tidak tercantum dalam catatan normatif sehingga DPD harus berjuang dan bekerja keras untuk memberbaiki peran-peran formalnya," jabarnya.

Meski begitu, ia menyabut sudah ada beberapa keberhasilan yang dicapaiDi antaranya berupa pengakuan kelembagan DPD RI melalui nama yang terpampang di gedung MPR RI mulai 11 Januari 2010 lalu.

"Kemudian dalam kurun waktu 6 tahun, pada 2010 lalu untuk pertama kalinya dilakukan joint sitting antara DPR dan DPDJadi diadakan sidang bersama DPR dan DPD untuk pidato kenegaraan presiden RI dalam HUT Proklamasi RISidang dipimpin secara bergantian2010 oleh DPR, dan 2011 oleh DPD," terangnya.

Untuk kegiatan rapat kerja yang dihadiri oleh sejumlah Sekprov se-Indonesia itu, kata Imran akan berlangsung selama 3 hari hingga Sabtu (26/11) besok.

"Saya berharap ke depannya nanti koordinasi semacam ini terus kita lakukan demi sinergisitas pembangunan menuju kesejahteraan masyarakat di daerah," pungkasnya.(yes/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suap di DPRD Semarang, Sitaan KPK Hanya Rp 40 Jutaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler