DPR Sekarang Tak akan Lebih dari Sebelumnya

Jumat, 12 Maret 2010 – 18:47 WIB
JAKARTA- Direktur Program The Indonesian Institute, Cecep Effendi menilai bahwa kinerja DPR periode 2009-2014 tidak akan jauh beda dengan DPR 2004-2009 dalam menyelesaikan tugas-tugas legislasinya"Hingga kini belum ada alasan yag cukup meyakinkan bahwa DPR periode 2009-2014 akan lebih baik dari periode sebelumnya dalam menyelesaikan tugas-tugas legislasi yang hanya sekitar 38,6 persen," kata Cecep Effendi, di press room DPR, Senayan Jakarta, Jumat (12/3).

Bahkan secara objektif, lanjutnya Cecep, justru ada beberapa titik lemah dari keseluruhan anggota DPR sekarang

BACA JUGA: Bawaslu Gandeng Komnas HAM

"Pertama lebih dari 70 persen adalah wajah baru dan belum punya pengalaman memproses Rancangan Undang-Undang (RUU) hingga jadi Undang-Undang (UU)
Kedua DPR belum punya gran disain dalam membuat Undang-Undang dan ketiga tidak tersedianya staf ahli yang benar-benar bisa dihandalkan," kata Cecep.

Dengan tiga alasan tersebut, sudah cukup alasan bagi masyarakat untuk tidak mempercayai kinerja Anggota DPR sekarang akan lebih baik dari yang sebelumnya, tegas Cecep Effendi, yang juga mantan Rektor Universitas Islam 45 Bekasi itu.

"Saya pribadi dari awal sudah menyatakan bahwa target Badan Legislatif DPR yang mematok mampu menyelesaikan sedikitnya 70 persen RUU menjadu UU sebagai sesuatu yang berlebihan dan sangat ambisius," tegasnya.

Di tempat yang sama Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formmapi) Sebastian Salang juga berpendapat yang sama

BACA JUGA: BK DPR Tetap Proses Cekcok Gayus-Ruhut

"Target 70 persen itu tidak realistis
Itu tidak mungkin, karena sekarang sudah selesai tahap dua masa sidang, tapi belum satupun RUU yang mereka selesaikan," ungkapnya.

Dia juga mengkritisi prilaku anggota DPR yang lebih bersemangat untuk menyelesaikan RUU siluman yang sama sekali tidak masuk dalam daftar prioritas

BACA JUGA: Digoda Demokrat, Gerindra Mengaku Tak Goyah

"Lebih celaka lagi, beberapa bagian dari pasal-pasal undang-undang tersebut pun dianulir oleh Mahkamah Konstitusi," tegas Sebastian Salang.

Fakta ini sering kita lihat pada akhir masa jabatan keanggotaan dewan"Tapi saya masih punya harapan agar DPR periode sekarang mampu bekerja lebih dari yang sebelumnya karena modal dasar untuk itu sudah ada yakni suksesnya Pansus DPR dalam mengusut skandal Bang Century," tegasnya(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bisa Saja MK Putuskan Tunda Pilkada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler