DPR Siap Inisiasi Koin Untuk Satinah

Selasa, 25 Maret 2014 – 15:40 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI, Poempida Hidayatullah menyatakan DPR akan menginisiasi pengumpulkan koin untuk Satinah, bila pemerintah tidak mampu membayar diyath (denda) sebesar Rp 21 miliar.

"Kalau Pemerintah diam saja, DPR akan inisiasi pengumpulan Koin untuk Satinah," kata Poempida saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (25/3).

BACA JUGA: Syarat Absensi untuk Pemberkasan Honorer K2, Rumit

Satinah merupakan TKI di Arab Saudi yang dipidana dalam kasus pembunuhan. Dia bisa dimaafkan dan selamat dari eksekusi mati 12 April 2014, jika membayar diyath sebesar 7 juta Real atau Rp 21 miliar paling lambat 3 April nanti.

Menyikapi hal ini, Poempida mendesak Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri lebih proaktif melobi Kerajaan Saudi Arabia. Apalagi kedua negara baru saja menanda tangani perjanjian baru dalam konteks pengiriman TKI.

BACA JUGA: Sutan: Bagaimana Mungkin Anas Dikasih Tugas Khusus

"Pemerintah pun tidak boleh ragu-ragu untuk membayar diyath yang cukup besar sekali pun," kata Poempida.

Ke depan, wakil rakyat asal Sumatera Barat itu mendorong mekanisme perlindungan TKI/WNI di luar negeri segera direvisi. Mekanismenya ke depan tidak bisa hanya dibebankan melalui penganggaran APBN semata. (fat/jpnn)

BACA JUGA: Masa Kerja Putus, Banyak Honorer K2 Batal jadi CPNS

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dahlan Iskan Siapkan Mental Jika Tak Terpilih Jadi Capres Demokrat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler