Anda sedang membaca laporan Dunia Hari Ini edisi Kamis, 7 September 2023.   

Kami sudah merangkum sejumlah informasi yang terjadi di berbagai negara, agar Anda bisa dengan mudah mengikuti perkembangan dunia.    

BACA JUGA: Hati-hati, Emoji Jempol Atau Bulan Sudah Menyeret Warga di Sejumlah Negara ke Pengadilan

Kita awali dengan berita dari Australia.Australia memerangi kucing liar

Hari Kamis ini, pemerintah Australia mengumumkan rencana untuk mencegah lebih banyak hewan yang terancam punah karena diburu kucing liar. 

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Venesia Ingin Kurangi Jumlah Turis, Akan Ada Tarif Baru

Dalam rencana yang akan mulai menerima konsultasi dari warga, pemerintah ingin mengurangi kepadatan dan penyebaran kucing liar di sekitar manusia karena juga dianggap berisiko terhadap penyebaran beberapa penyakit.

Menteri Lingkungan Hidup Australia Tanya Plibersek mengatakan kucing liar membunuh sekitar dua miliar hewan per tahun, yang setara dengan enam juta hewan per malam.

BACA JUGA: Kenapa Rumah yang Berantakan Memicu Kecemasan dan Apa yang Bisa Dilakukan?

"Kami mendeklarasikan perang terhadap kucing liar," ujarnya.

Termasuk dalam rencana ini adalah akan ada anggaran jutaan dolar untuk membasmi kucing liar dari Pulau Christmas, dan Pulau Perancis dekat Melbourne, serta $400.000 untuk membeli umpan kucing liar yang lebih aman untuk digunakan di Australia utara.Musim panas tahun ini dinyatakan terparah

Musim panas di belahan utara pada tahun 2023 ini menjadi yang terpanas sejauh ini, menurut data milik lembaga Uni Eropa untuk urusan perubahan iklim.

Selama tiga bulan dari Juni hingga Agustus, rata-rata suhu udara mencapai 16,8 derajat Celcius, di atas suhu rata-rata sebelumnya.

Bulan lalu juga merupakan bulan Agustus terpanas yang pernah tercatat secara global.

"Bukti ilmiahnya sangat banyak, kita akan terus melihat lebih banyak catatan iklim dan kejadian cuaca ekstrem yang lebih intens, dan lebih sering terjadi yang turut berdampak pada masyarakat dan ekosistem," kata Samantha Burgess dari lembaga Copernicus.

"Ini akan terus terjadi sampai kita berhenti mengeluarkan gas rumah kaca."Hubungan Australia dan Tiongkok kian membaik?

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Li Qiang di sela-sela KTT ASEAN di Jakarta, Kamis pagi ini.

PM Li adalah pejabat tertinggi kedua di Tiongkok yang mewakili Presiden Xi Jinping karena ia memilih untuk tidak menghadiri serangkaian pertemuan dunia.

Meskipun hubungan diplomatik dan perdagangan antara Australia dan Tiongkok membaik dalam beberapa bulan terakhir, masih ada beberapa masalah yang perlu diangkat.

Larangan perdagangan terhadap ekspor 'wine' dari Australia, misalnya, juga masih berlaku. Selain itu, dua warga Australia juga masih ditahan di Beijing, yakni jurnalis Cheng Lei, dan penulis Dr Yang Hengjun.Mantan pemimpin Myanmar sakit dalam tahanan

Aung San Suu Kyi yang ditahan di penjara tidak menerima perawatan medis, meski kesehatannya memburuk, itu adalah pengakuan dari anak dari Suu Kyi.

Perempuan berusia 78 tahun itu ditahan sejak Februari 2021 setelah didakwa dengan sejumlah pelanggaran seperti kecurangan pemilu dan korupsi.

Bulan Juli lalu, ia dipindahkan ke tahanan rumah di ibu kota Naypidaw meski nampaknya telah kembali ke penjara sekarang.

"Sepengetahuan saya, ia tidak bisa makan karena penyakit gusi dan potensi masalah pada gigi bungsunya," ujar anak Aung San Suu Kyi, Kim Aris.

"Gejala ini disertai dengan muntah-muntah dan pusing, dan mengingat usianya, ini menjadi alasan untuk sangat khawatir mengenai kesehatannya secara keseluruhan dan pengobatannya."Terpidana pembunuh kabur dari penjara

Pihak berwenang di Pennsylvania merilis rekaman seorang terpidana pembunuh kabur dari penjara.

Dalam klip tersebut, Danelo Cavalcante terlihat memanjat dinding sudut halaman latihan Penjara Chester County seperti kepiting.

Menurut sipir penjara, ia kemudian menerobos kawat berduri, yang dipasang setelah tahanan lain melarikan diri dari tempat yang sama awal tahun ini.

Cavalcante, yang bulan lalu divonis bersalah atas pembunuhan mantan pacarnya, kini masih dalam pencarian.

Seorang pria mengatakan sempat melihat Cavalcante masuk ke rumahnya dan mencuri makanan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Festival Burning Man Berubah Jadi Bencana Banjir Lumpur

Berita Terkait