Selamat datang di Senin pertama bulan Juni!

Sejumlah laporan utama dari berbagai belahan dunia dalam 24 jam terakhir sudah kami rangkum untuk Anda, supaya Anda lebih mudah mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Donald Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Divonis Bersalah

Dunia Hari Ini edisi Senin, 3 Juni 2024, akan kami awali dari Meksiko.Meksiko bersiap dipimpin presiden perempuan pertama 

Pemilihan umum di Meksiko diwarnai dengan dua orang tewas di tempat pemungutan suara, yang sempat membuat proses pencoblosan dihentikan sementara.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Israel Akan Melakukan Serangan di Gaza Hingga Akhir Tahun 2024

Claudia Sheinbaum, kandidat sayap kiri dari partai Morena yang berkuasa, dipekirakan akan memenangkan pilpres tahun ini.

Pemilu terbesar di Meksiko ini juga menjadi yang paling berdarah dalam sejarah modern, yang diwarnai pembunuhan 38 kandidat, termasuk seorang kandidat lokal yang ditembak mati pada akhir pekan.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Paus Meminta Maaf Atas Istilah Homofobia Vulgar yang Digunakannya

Jika menang dari pesaing utamanya Xochitl Galvez, Claudia akan menghadapi tantangan dalam memerangi kekerasan yang dilakukan para kelompok kejahatan terorganisir.Mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad daftar pilpres

Mahmoud Ahmadinejad, mantan presiden Iran yang dianggap dari kelompok garis keras, mendaftarkan diri untuk pemilihan presiden.

Pendaftarannya memberi tekanan pada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, karena Mahmoud pernah secara terbuka menentangnya saat ia menjabat.

Berbicara setelah pendaftarannya, ia berjanji untuk mengupayakan "keterlibatan konstruktif" dengan dunia dan meningkatkan hubungan ekonomi dengan semua negara.

Setelah berbicara kepada wartawan di depan sekitar 50 mikrofon, Mahmoud mengacungkan jarinya sambil berteriak: "Hidup Iran!"Mendarat di Bulan, Tiongkok ambil materi untuk dibawa ke Bumi

Kantor berita resmi Tiongkok Xinhua mengatakan pesawat ruang angkasa tanpa awak milik Tiongkok mendarat di sisi terjauh bulan Minggu kemarin, tepatnya di sebuah kawah besar yang dikenal sebagai Cekungan Kutub Selatan-Aitken.

Dalam misinya ini, lengan mekanis dan bor agar mencoba mengumpulkan hingga 2 kilogram material permukaan bulan selama dua hari untuk kemudian dibawa ke Bumi.

Cekungan ini disebut-sebut sebagai yang tertua dan terbesar di bulan, sehingga diharapkan dapat menyimpan banyak informasi.

Misi ke sisi terjauh Bulan lebih sulit karena tidak menghadap Bumi, sehingga memerlukan satelit relai untuk menjaga komunikasi.Rupert Murdoch menikah untuk kelima kalinya

Raja media dunia kelahiran Australia, Rupert Murdoch, usia 93 tahun menikahi Elena Zhukova di kebun anggurnya di California, hanya beberapa bulan setelah ia mengundurkan diri dari pucuk kepemimpinannya di Fox dan News Corp.

Elena, usia 67 tahun dan asal Rusia, adalah seorang pensiunan ahli biologi molekuler. 

Mereka dilaporkan mulai berkencan musim panas tahun lalu setelah diperkenalkan oleh Wendi Deng, istri ketiga Murdoch.

Pernikahan terakhir Murdoch dengan aktris dan model Jerry Hall berakhir dengan perceraian pada tahun 2022 setelah enam tahun.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Uang Kuliah Tunggal Universitas Batal Dinaikkan

Berita Terkait