Halo hari Jumat!

Menjelang akhir pekan, sambil anda bersiap-siap merencanakan untuk rehat dari kegiatan sehari-hari, yuk ikuti dulu perkembangan dunia terbaru dalam 24 jam terakhir ini.

BACA JUGA: Prajuritnya Menyeberang ke Korea Utara, Pemerintah AS Kelabakan

Kami telah merangkumnya dalam Dunia Hari Ini edisi hari Jumat, 21 Juli 2023.Irak usir Dubes Swedia

Pemerintah Irak telah meminta kepada duta besar Swedia untuk meninggalkan Baghdad menyusul protes atas pelecehan kitab suci Al Quran di luar gedung kedutaan Irak di Stokcholm.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Penembakan di Selandia Baru Tewaskan Tiga Orang, Termasuk Pelaku

Irak juga menarik kuasa usaha mereka di Swedia, demikian pernyataan dari pemerintah.

Saudi Arabia juga memanggil kuasa usaha Swedia di Riyadh dan memberikan nota protes terkait insiden tersebut.

BACA JUGA: Lompat Tali Berpotensi Jadi Cabor Olimpiade di Masa Depan

Sebelumnya pengunjuk rasa di Swedia menginjak dan merusak sebuah kitab yang menurut mereka adalah Al Quran di luar gedung, namun tidak membakarnya, ancaman yang mereka keluarkan sebelumya menurut saksi mata.

Sebagai tindakan balasan atas rencana pembakaran tersebut, ratusan orang sebelumnya menyerang kedutaan Swedia di Baghdad and membakarnya.Paspor Singapura sekarang paling 'kuat' di dunia

Setiap tahun lembaga bernama Henley dan Partners mengeluarkan daftar paspor dari masing-masing negara untuk melihat "kekuatannya" dalam arti bagaimana paspor tersebut bisa digunakan untuk berkunjung ke negara tanpa perlu visa.

Untuk tahun 2023, Singapura menggantikan Jepang di urutan pertama setelah pemegang paspor negara tersebut bisa berkunjung ke 192 negara tanpa visa.

Pada tahun 2021, Singapura berada di tempat pertama namun posisinya kemudian digantikan oleh Jepang, yang sekarang kembali turun ke peringkat ketiga (diterima di 189 negara) posisi sama dengan Prancis, Austria, Finlandia, Swedia, Luxembourg dan Korea Selatan.

Di urutan kedua adalah Jerman, Italia dan Spanyol yang diterima di 190 negara.

Australia berada di peringkat keenam setelah paspor berwarna biru ini diterima di 186 negara.PM India kecam konflik etnis di negara bagian Manipur

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengecam serangan seksual terhadap perempuan di negara bagian Manipur, sebagai hal yang "memalukan" dan berjanji untuk melakukan tindakan keras.

Ini adalah komentar pertama dari perdana menteri terkait konflik etnis di negara bagian terpencil tersebut yang sudah menewaskan setidaknya 125 orang.

Sebuah video yang beredar viral di media sosial menunjukkan dua perempuan diarak telanjang dan dipukuli di jalanan yang menurut penduduk setempat adalah tindakan pemerkosaan beramai-ramai.

Kekerasan etnis mulai terjadi di Manipur sejak awal Mei ketika pengadilan memutuskan agar pemerintah negara bagian memberikan kuota lebih besar di bidang pendidikan dan pekerjaan di pemerintahan bagi suku mayoritas Meitei, hal yang sebelumnya sudah diberikan kepada warga dari suku Kuki.Konsulat Tiongkok di Odesa rusak terkena serangan

Sebuah gedung konsulat pemerintah Tiongkok di kota Odesa, rusak terkena serangan udara Rusia yang selama tiga hari berturut-turut membombardir kota pelabuhan di sebelah selatan Ukraina itu.

Gubernur regional Ukraina Oleh Kiper memosting sebuah foto yang menunjukkan setidaknya satu jendela di gedung konsulat tersebut rusak.

Gedung konsulat Tiongkok terletak di pusat kota itu.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan getaran dari ledakan menyebabkan kerusakan dinding dan beberapa jendela di konsulat dan "Tiongkok memantau serius perkembangan terakhir".

Insiden ini terjadi saat Menteri Ekonomi Ukraina, Taras Kachka, berada di Tiongkok yang merupakan kunjungan tingkat tinggi pertama Ukraina sejak invasi Rusia.Matilda menang 1-0 atas Irlandia di Piala Dunia sepak bola perempuan

Matilda adalah julukan untuk tim sepak bola perempuan Australia yang bertanding di turnamen Piala Dunia yang dimulai hari Kamis malam.

Dalam pertandingan pembuka di Stadium Australia di Sydney, yang dihadiri sekitar 80 penonton, Matilda menang 1-0 atas Republik Irlandia melalui gol tunggal yang dicetak dari titik penalti oleh kapten kesebelasan, Steph Catley.

Australia tidak bisa mengandalkan pemain terbaik mereka Sam Kerr yang menderita cedera.

Setelah pertandingan ini, Matilda akan terbang ke Brisbane untuk menghadapi  Nigeria di pertandingan kedua dan kemudian ke Melbourne untuk melawan Kanada.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilmuwan Gunakan Teknologi AI untuk Lacak Populasi Penyu dan Dugong di Pesisir Australia Barat

Berita Terkait