Selamat hari Senin! Mari kita awali pekan ini dengan sejumlah informasi pilihan dari berbagai tempat di dunia yang telah kami rangkum dalam Dunia Hari Ini, edisi 6 Februari 2023.

Berita gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang sebelah tenggara Türkiye dan kawasan Suriah menjadi laporan utama kami.

BACA JUGA: Israel Sanggupi Permohonan Bantuan Turki dan Suriah, Amerika Menyusul

Gempa besar di Türkiye dan Suriah

Hingga Senin malam, korban tewas akibat gempa di Türkiye dan Suriah telah mencapai setidaknya 1.300 orang.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan lebih dari 5.800 warga Türkiye mengalami luka-luka, sementara di Suriah telah mencapai lebih seribu orang.

BACA JUGA: Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah Tembus 1.800, Cuaca Buruk Menambah Penderitaan

Diketahui gempa tersebut menjadi getaran paling kuat yang tercata di Türkiye sejak gempa dengan kekuatan yang sama di tahun 1939.

Regu penyelamat The White Helmets mengatakan lebih dari 120 orang tewas di setidaknya 230 orang terluka di provinsi Idlib dan Aleppo, Suriah, sementara ratusan keluarga masih tertimbun reruntuhan bangunan.

BACA JUGA: Gempa Guncang Turki, Banyak Bangunan Hancur, Ribuan Orang Terkubur

Uni Eropa telah mengerahkan tim bantuan, termasuk dari Belanda, Rumania, Polandia, Ukraina, Rusia, Taiwan, India untuk upaya pencarian dan penyelamatan korban.Kebakaran hutan tewaskan 24 orang

Sebanyak 260 titik api kebakaran hutan, 28 di antaranya sangat berbahaya, berkobar di Chile, karena gelombang panas musim panas.

Kebakaran hutan di negara merenggut sedikitnya 24 nyawa sejauh ini, sementara setidaknya 1.000 orang lainnya terluka dan hampir 1.500 penduduk telah mengungsi.

Hingga hari ini (06/02), petugas pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api, termasuk menggunakan pesawat dan helikopter pemadam.

Menurut pemerintah, api telah melalap 270.000 hektare wilayah negara itu, terutama di kota Dichato yang paling terdampak sementara upaya pemadaman terkendala suhu yang melebihi 40 derajat celsius.Puluhan ribu tahanan di Iran dapat pengampunan

Pengampunan tersebut disetujui Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, untuk memperingati revolusi Islam.

Mereka yang mendapat grasi termasuk beberapa yang ditangkap dalam protes anti-pemerintah baru-baru ini, lapor kantor berita negara IRNA.

Namun, tidak semua narapidana berhak mendapat pengampunan tersebut.

Media pemerintah mengatakan pengampunan tidak diberikan kepada mereka yang tidak "menyatakan penyesalan" dan menulis "komitmen untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut", pemegang warga negara ganda, serta yang dituduh "memata-matai lembaga asing" atau mereka yang "berafiliasi dengan kelompok yang memusuhi Republik Islam."Demo buruh serentak di beberapa kota di Indonesia

Hari ini ribuan buruh dari Partai Buruh dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia dilaporkan akan menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Ambon.

Dalam aksinya kali ini, para buruh menyatakan penolakan mereka atas beberapa aturan, mulai dari Perppu Cipta Kerja, RUU Kesehatan, dan tuntutan pengesahan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT).

"Setidaknya ada 9 poin yang dipermasalahkan dalam omnibus law Cipta Kerja, meliputi upah minimum, outsourcing, pesangon, karyawan kontrak, PHK, pengaturan cuti, jam kerja, tenaga kerja asing, dan sanksi pidana," ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal lewat keterangan tertulis.

Di Jakarta, aksi demo buruh akan berpusat di depan gedung DPR RI Senayan.Balon Mata-Mata Tiongkok pernah melintas di masa Presiden Trump

Heboh balon mata-mata Tiongkok yang melintasi wilayah udara Amerika Serikat ternyata bukan insiden yang pertama kalinya.

Tercatat ada tiga balon pengintai Tiongkok pernah melintas wilayah Amerika Serikat saat Presiden Trump menjabat, meski ini disangkal oleh Trump.

Balon yang terdeteksi keberadaannya di Alaska pekan lalu akhirnya ditembak jatuh seminggu kemudian.

Namun, anggota komite intelijen dari partai Republik menilai langkah itu terlambat.Foto-Foto dari Karpet Merah Grammy Award

Dari perhelatan Grammy Award di Amerika Serikat, penyanyi R&B, Beyonce, diperkirakan akan menjadi pemenang Grammy terbanyak setelah sebelumnya telah menyabet penghargaan kategori 'best dance electronic recording' dan 'best traditional R&B performance'. 

Dan kita akhiri Dunia Hari Ini dengan foto-foto busana para artis dari karpet merah Grammy Award yang selalu menjadi sorotan.

  

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gempa Bumi Magnitudo 7,4 Mengguncang Turki, 3 WNI Jadi Korban

Berita Terkait