Hari ini, Australia memiliki hari terpendek di tahun 2023.Penyebabnya adalah kutub selatan bumi yang condong maksimum menjauhi matahari, dikenal dengan istilah 'winter solstice'.

Sejumlah peristiwa besar juga terjadi dalam 24 jam terakhir yang kami rangkum dalam Dunia Hari Ini, edisi 22 Juni.

BACA JUGA: Konten Sosmed Soal Bekerja sambil Berlibur Bikin Resah Warga Indonesia di Australia

Kita awali dari kota Paris.Sebuah ledakan terjadi di pusat kota Paris

Ledakan tersebut terjadi di sebuah jalan di Latin Quarter yang sibuk, menyebabkan sebuah sekolah bangunan rusak.

BACA JUGA: Tips Menghadapi Cicilan Rumah yang Kian Mahal di Australia

"Saya mendengar ledakan besar, lalu saat keluar restoran, saya melihat api di ujung Rue Saint-Jacques," kata Khal Ilsey, warga Paris.

Sedikitnya 37 orang terluka dalam insiden pada Rabu, termasuk empat orang yang berada dalam kondisi kritis.

BACA JUGA: Australia Godok Undang-undang Legalisasi Ganja untuk Pemakaian Pribadi

Lebih dari 200 petugas pemadam kebakaran dikerahkan, sementara pejabat setempat menyatakan masih terlalu dini untuk mengatakan penyebab ledakan itu.Penyelamatan pelajar yang diculik pemberontak Uganada

Militer Uganda sudah menyelamatkan tiga dari enam siswa yang diculik oleh kelompok pemberontak.

Jumat pekan lalu, sekelompok dari Allied Democratic Forces (ADF), yang terkait dengan Islamic State, menyerbu sekolah Lhubirira di Mpondwe, perbatasan Uganda dengan Republik Demokratik Kongo.

Mereka membantai 42 orang, kebanyakan adalah pelajar muda, menurut tentara Uganda.

"Ada enam mahasiswa yang diculik dan sejauh ini tiga telah diselamatkan," kata juru bicara militer Felix Kulayigye.Penemuan kota kuno di Meksiko

Sebuah kota kuno dari peradaban Maya, yang sebelumnya tidak diketahui, baru ditemukan di tengah hutan Meksiko selatan.

INAH, sebuah lembaga antropologi Meksiko mengatakan kota kuno tersebut kemungkinan sebuah pusat penting antara 250 dan 1000 Masehi.

Kota itu mencakup bangunan-bangunan besar seperti piramida, tiang-tiang batu, tiga alun-alun dengan "bangunan megah", serta bangunan lain yang disusun dalam lingkaran hampir konsentris, jelas INAH.

Kota yang bernama Ocomtun, atau 'pilar batu' ditemukan selama pencarian di bentangan hutan yang sebagian besar belum dijelajahi, yang dilakukan antara bulan Maret dan Juni, dengan menggunakan teknologi pemetaan laser udara (LiDAR).Empat warga Israel terbunuh dekat pemukiman Tepi Barat

Empat orang Israel tertembak mati di Eli, dekat pemukiman di Tepi Barat, menurut pejabat Israel, sehari setelah serangan di wilayah itu yang menyebabkan enam orang Palestina tewas.

Empat orang lainnya terluka karena tembakan dua pria bersenjata yang dilepaskan ke sebuah restoran  dan sebuah pompa bensin, menurut laporan layanan darurat. 

"Ketika saya sampai di pom bensin, saya melihat teroris itu, saya melihatnya pergi ke sebuah mobil di mana seorang pria sedang duduk. Dia menembaknya," kata Morel Nicker, anggota tim keamanan.

Kelompok Hamas mengatakan serangan itu merupakan tanggapan atas serangan pasukan Israel di kota Jenin.

"Saya menembaknya, dia menembak saya. Saya tidak berhenti menembak sampai dia berhenti bergerak."Kerusuhan di penjara tewaskan 48 orang

Kerusuhan terjadi di sebuah penjara wanita di Honduras, menyebabkan 48 perempuan tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Juru bicara badan investigasi kepolisian nasional sudah mengonfirmasi jika 26 korban tewas dibakar dan sisanya ditembak atau ditikam di dalam penjara di Tamara, sekitar 50 kilometer sebelah barat ibu kota negara, Tegucigalpa.

Menurut beberapa laporan, perkelahian di penjara itu terjadi antara anggota geng Barrio 18 dan Mara Salvatrucha, yang sama-sama berakar di Los Angeles.

Mereka sudah lama bersaing mengendalikan perdagangan narkoba, menyebabkan konflik berdarah yang menjadikan Amerika Tengah sebagai salah satu wilayah paling berbahaya di dunia.

"Saya akan mengambil tindakan drastis!" tulis Presiden Honduras Xiomara Castro di akun media sosialnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kehidupan Ganda Mata-mata Australia yang Bekerja Untuk KGB

Berita Terkait