Berpetualang sampai lupa waktu, hati senang karena besok sudah Sabtu!

Selamat hari Jumat, hari terakhir kerja di pekan ke-25 di tahun 2023. 

BACA JUGA: Bukan Dokter atau Insinyur Seperti Harapan Keluarga, Tiga Warga Keturunan Asia Ini Memilih Jalan Berbeda

Supaya Anda terus mengikuti perkembangan dunia, kami sudah memilih dan merangkum sejumlah informasi dari berbagai negara yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini edisi 23 Juni 2023 kita awali dari Amerika.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Ledakan di Pusat Kota Paris, Puluhan Terluka

Penumpang kapal selam Titan dipastikan tewas

Lima penumpang kapal selam Titan yang hilang di lepas pantai Amerika Utara tewas, diduga akibat "ledakan dahsyat", kata seorang pejabat Penjaga Pantai AS.

"Puing-puing yang ditemukan konsisten dengan hilangnya tekanan ruang yang mengakibatkan bencana ini," kata Laksamana Muda John Mauger, dari Distrik Penjaga Pantai Pertama, kepada wartawan.

BACA JUGA: Konten Sosmed Soal Bekerja sambil Berlibur Bikin Resah Warga Indonesia di Australia

Robot laut dalam tak berawak yang dikerahkan kapal Kanada menemukan bangkai kapal Titan pada Kamis pagi waktu setempat, sekitar 488 meter dari haluan bangkai kapal Titanic, 4 kilometer di bawah permukaan laut.

"Kami sekarang yakin jika CEO kami, Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, telah hilang," kata  OceanGate Expeditions, perusahaan yang berbasis di AS yang mengoperasikan kapal selam Titan itu.

"Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia."Tonga kembangkan pembangkit listrik tenaga ombak

Kerajaan Tonga sedang membuat rencana baru untuk mengembangkan pembangkit listrik bertenaga ombak 10 megawatt di lepas pulau utama Tongatapu.

Pihak kerajaan sudah menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan energi yang berbasis di Irlandia bernama Seabased. 

Teknologi yang akan menangkap energi dari gelombang laut untuk diubah jadi listrik ini, menggunakan kapal konstruksi ringan untuk menyebarkan generator, yang dikenal sebagai konverter energi gelombang.

Menteri Dalam Negeri kerajaan, Albert Vaea, mengatakan teknologi ini akan membantu beberapa negara berkembang yang berbentuk pulau-pulau kecil mengatasi mahalnya harga energi, yang jadi "tertinggi" di dunia.

"Dengan diperkenalkannya penyebaran teknologi energi terbarukan ... kami memiliki kesempatan untuk memberikan bantuan yang berarti dan nyata bagi rakyat kami," katanya.Bagaimana rasa daging ayam yang dibuat di laboratorium?

Warga di Amerika Serikat akan segera bisa memesan daging ayam bukan hasil ayam yang disembelih atau dipotong.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menyetujui perusahaan Upside Foods and Good Meat yang berbasis di California untuk menjual daging yang "dikembangkan di laboratorium" atau "dibudidayakan dengan sel".

Perusahaan tersebut mengatakan produk daging ayam buatan akan tersedia di restoran tertentu sebelum akhirnya dijual di supermarket.

Amerika Serikat adalah negara kedua di dunia yang menyetujui penjualan ayam laboratorium, setelah Singapura.Badai hebat menerjang Texas

Serangkaian badai hebat menyebabkan "kombinasi langka" tornado, angin topan, dan hujan es seukuran bola tenis di Texas barat.

Sedikitnya empat orang tewas, sembilan orang terluka, serta kerusakan akibat fenomena alam ini.

Kerusakan terparah terjadi di Matador, sebuah kota berpenduduk sekitar 570 orang.

Rumah-rumah rusak, bangunan rata dengan tanah dan kabel listrik terputus menjadi dua.Ledakan di restoran di Tiongkok menewaskan 31 orang

Gas untuk memasak telah menyebabkan ledakan besar di sebuah restoran barbeque di barat laut Tiongkok, menewaskan 31 orang dan melukai tujuh lainnya saat perayaan nasional menjelang Festival Perahu Naga.

Ledakan itu terjadi di sebuah jalan yang ramai di Yinchuan, ibu kota Daerah Otonomi Ningxia Hui yang berlatar belakang Muslim, kata kantor berita resmi Xinhua.

Satu jam sebelum ledakan, karyawan mencium bau gas  dan menemukan katup tabung gas yang rusak.

Tabung itu meledak ketika mereka mencoba memperbaikinya, menurut Xinhua.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Menghadapi Cicilan Rumah yang Kian Mahal di Australia

Berita Terkait