Menimba ilmu sampai ke negeri kanguru, kamu tahu kan hari ini sudah hari Rabu?

Artinya kita sudah tiba di pertengahan pekan dan hari terakhir di bulan Mei! Semoga kita semua masih sehat dan tetap semangat ya.

BACA JUGA: Burung Kakatua di Australia Bisa Buka Tong Sampah Milik Warga, Apakah Dikunci Jadi Solusinya?

Untuk melengkapi hari Anda, kami telah memilih dan dan merangkum sejumlah informasi dari berbagai tempat di dunia yang terjadi selama 24 jam terakhir.

Dunia Hari Ini, edisi 31 Mei 2023, kita awali dari Tiongkok.

BACA JUGA: Rebecca Klopper: Korban Penyebaran Konten Intim yang Malah Dipolisikan

Polisi Tiongkok bentrok dengan etnis Muslim

Kelompok etnis Hui tersebut sedang berusaha melindungi masjid yang akan diruntuhkan, setelah pemerintah di kota Nagu, provinsi Yunna berencana untuk meruntuhkan empat menara dan atap kubah Masjid Najiaying.

"Mereka ingin melanjutkan penghancuran paksa, jadi orang-orang di sini pergi untuk menghentikannya," kata seorang perempuan, warga setempat.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Uganda Setujui Undang-Undang Anti LGBTQ

"Masjid adalah rumah bagi umat Islam seperti kami. Jika mereka mencoba merobohkannya, kami pasti tidak akan membiarkan mereka."

Kawasan tersebut menjadi rumah bagi etnis Hui yang mayoritas Muslim dan mendapat tekanan dan tindakan keras.

Tiongkok dilaporkan telah mengerahkan ratusan polisi untuk melakukan penangkapan di kota Nagu, setelah bentrokan warga etnis Hui dan polisi.NATO kirim tentara tambahan ke Kosovo

Tambahan tersebut untuk membantu meredam protes keras setelah bentrokan dengan etnis Serbia yang menyebabkan 30 tentara internasional terluka.

"Kami telah memutuskan untuk mengerahkan 700 tentara lagi dari pasukan cadangan operasional untuk Balkan Barat," kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

Misi penjaga perdamaian yang dipimpin NATO, KFOR, saat ini terdiri dari hampir 3.800 tentara.

Kerusuhan di wilayah yang berpenduduk mayoritas etnis Serbia itu meningkat sejak wali kota dari etnis Albania menjabat.

Populasi Kosovo didominasi oleh etnis Albania sebesar 90 persen, tetapi Serbia utara sudah lama menuntut pelaksanaan kesepakatan 2013 yang ditengahi Uni Eropa untuk membentuk wilayah otonomi khusus.Perburuan pelaku penembakan di Florida

Polisi di negara bagian Florida, Amerika Serikat, sedang memburu tiga tersangka yang melepaskan tembakan di tepi pantai Florida, melukai seorang anak berusia satu tahun dan delapan lainnya.

Polisi dan saksi mengatakan penembakan dimulai ketika sekelompok orang berkelahi di kawasan perbelanjaan Hollywood Oceanfront Broadwalk sekitar pukul 7 malam waktu setempat.

Pihak berwenang mengatakan para pelaku bersenjata melarikan diri sesaat setelah kekacauan terjadi, sementara ratusan orang mencoba berlindung dari tembakan.

Polisi menyebut dua orang yang terlibat dalam pertengkaran sudah ditangkap dengan tuduhan kepemilikan senjata api. Mereka juga menemukan lima pistol, yang salah satunya dilaporkan sebagai pistol curian.Perubahan Undang-undang Pernikahan Jepang

Jepang diperkirakan akan mengubah Undang-undang Pernikahannya setelah Pengadilan Distrik Nagoya memutuskan larangan terhadap pernikahan sesama jenis sebagai tindakan tidak sesuai konstitusi.

Ini adalah putusan kedua yang menyebut larangan terhadap pernikahan sesama jenis tidak konstitusional, sehingga kemungkinan akan menambah tekanan untuk mengubah Undang-undang Pernikahan Jepang yang saat ini menyebut pernikahan adalah hanya antara seorang laki-laki dan seorang perempuan.

"Keputusan ini telah menyelamatkan kami dari luka akibat keputusan tahun lalu yang mengatakan tidak ada yang salah dengan melarang pernikahan sejenis, dan luka dari apa yang terus dikatakan pemerintah," kata ketua pengacara Yoko Mizutani di luar gedung pengadilan.

Meski secara umum Jepang dunia dianggap relatif liberal, komunitas LGBT  hampir tidak terlihat karena pandangan konservatifnya. Jasad suster ini tidak membusuk

Ratusan orang berbondong-bondong ke sebuah kota kecil di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, untuk melihat seorang biarawati yang tubuhnya hampir tidak membusuk sejak ia meninggal dan dikubur di tahun 2019.

Beberapa mengatakan ini menjadi tanda kesucian dalam agama Katolik, sementara yang lain mengatakan fenomena jenazah yang tidak membusuk tidaklah selangka yang dipikirkan orang.

Jenazah Suster Wilhelmina Lancaster digali pada bulan April, menurut pernyataan dari Benediktin Maria, Ratu Para Rasul, di kota Gower, saat mereka akan membangun ruang tambahan di gereja St. Joseph.

Ketika makam Suster Wilhelmina digali, mereka diberitahu jika nanti jenazahnya hanya berupa tulang karena dia dikubur dalam peti kayu tanpa dibalsem. Sebaliknya, mereka menemukan jenazah yang masih utuh.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Misteri Gambar Perahu Asal Maluku yang Dilukis di Batu Dipecahkan Oleh Arkeolog Australia

Berita Terkait