DXI 2024 Resmi Dibuka, Kemenparekraf Ingin Kembangkan Olahraga Ekstrem di Indonesia

Kamis, 30 Mei 2024 – 12:26 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024 yang digelar di JCC, Senayan. Foto: Dedi Sofian

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Pameran Deep and Extreme Indonesia (DXI) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan mulai dari Kamis-Minggu (30/5-2/6), resmi dibuka.

Mengusung tema "Edge of Tomorrow: Dive Into the Depth of Extreme Sports, pameran olahraga ekstrem, diving, dan olahraga air itu tidak hanya memperkenalkan dan memperluas industri olahraga ekstrem lainnya, tetapi membuka pasar baru memperkuat industri pariwisata di Indonesia.

BACA JUGA: Memperkuat Industri Pariwisata Indonesia, DXI 2024 segera Digelar di Jakarta

Deputi Bidang Produk dan Penyelanggara Kegiatan (Event) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia, Vinsensius Jemadu mengatakan pameran ekstrem ini mendapatkan dukung dari banyak pihak.

Dia berharap akan banyak event kegiatan alam serupa, terutama baharui dan sport.

BACA JUGA: Sepatu QNBR Footwear Cocok Dipakai untuk Olahraga Ekstrem

"Kami dari Kemenparekraf sangat mendukung kegiatan ini. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, acara ini saya buka secara resmi," ungkap Vinsensius di Jakarta.

Dia menjelaskan keindahan alam Indonesia sangat diminati, sehingga banyak waisata luar negeri mengujungi tanah air.

BACA JUGA: Judit Nemeth-Pach, Duta Besar Termuda Hungaria yang Senang Olahraga Ekstrem

Selain itu, kata dia, Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia.

Oleh karena itu, Kemenparekraf fokus pengembangan produk bahari.

"Kami harus bisa menggarapnya dengan serius agar bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia. Kita berusaha mendorong ini terus. Kami harus bisa beradaptasi dengan cepat, baik dari sisi pasar maupun produknya," tuturnya.

Dia menjelaskan Kemenparekraf saat ini sedang mengembangkan sejumlah program yang berkaitan dengan alam, salah satunya olahraga ekstrem yang terus dikembangkan.

"Kita jangan hanya jago kandang terkait olahraga ekstrem ini, kalau bisa nanti undang dari luar. Karena kita ini gak punya jagoan untuk olahraga ekstrem ini," ungkapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur Dyandra Event Solution, Micheal Bayu A Suamrijanto mengatakan pihaknya memiliki komitmen untuk menjadi bagian dari industri pariwisata dan darat yang ekstrem..

Dia mengatakan pameran ini tidak hanya dari perlengkapan olahraga diving saja, tetapi juga kendaraan roda dua pun ikut serta dalam ajang ini.

"Sekarang lebih banyak roda dua, karena itu bagian dari ekosistem dari ekstrem kita," kata dia.

Pameran itu menghadirkan beragam acara seperti Surfskate, Fishing (memancing), Stand Up Paddling, Kayaking, E-Mountain Bike, dan Motor Adventure.

Pembelian tiket pameran DXI 2024 dapat dilakukan mulai 15 Mei 2024 melalui website resmi. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sandi Ajak Pelaku Kreatif Daftar Program Unggulan Kemenparekraf


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler