E-KTP Selesai Tahun 2012

Rabu, 22 Juni 2011 – 18:29 WIB
JAKARTA- Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengaku sangat optimis seluruh proses pendataan administrasi kependudukan sudah menggunakan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) di akhir 2012Apalagi proses sosialisasi e-KTP sudah berlangsung sejak lama yakni tahun 2003.

"Tahun ini proses untuk pengadaan barang dan mulai proses pembuatan e-KTP

BACA JUGA: Vonis Politisi Golkar Lebih Ringan, Politisi PDIP Protes

Finalnya nanti akhir 2012
Dalam waktu dekat pemenang proses tender akan dilaporkan," kata Gamawan menjawab wartawan di Istana Negara, Rabu (22/6).

Nantinya terkait e-KTP ini akan dilakukan koordinasi antara Kemendagri selaku penanggungjawab pemerintah pusat dengan seluruh pemerintah daerah

BACA JUGA: Panda Mengaku Tegar Hadapi Vonis

Dijadwalkan tanggal 26 Juni mendatang, Mendagri akan mengundang seluruh kepala daerah se Indonesia dan juga media massa untuk persiapan e-KTP di 2012.

Diakui oleh Gamawan, saat ini ada sekitar 5 juta data dari penduduk yang ganda
Penyebabnya karena satu orang bisa memiliki 5-6 KTP.

"Itulah yang ingin kita bersihkan dalam waktu dekat

BACA JUGA: Dua Hakim Dissenting Opinion

Mudah-mudahan dalam akhir bulan ini sesuai yang saya ajukan," kata Gamawan.

Mantan Gubernur Sumatera Barat tersebut menambahkan, nantinya di setiap e-KTP akan ada identifikasi 10 jari pemilik KTPDengan demikian setiap penduduk diharapkan hanya memiliki satu kartu identitas KTP sajaLalu pada tahap kedua direncanakan, e-KTP juga bisa berfungsi untuk kartu identitas lainnya seperti pasport atau NIK.

"Bahkan mungkin nanti akan digunakan untuk kepentingan asuransiTapi itu tahap kedua, sekarang fokus dulu soal KTP sajaMakanya dalam sisa waktu 6 bulan ini, harus selesai sekian ratus kabupaten/kota lagi," kata Gamawan.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahfud MD: Ada Upaya Belokkan Kasus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler