Eks Anak Buah Sebut Program SYL Bantu Melahirkan 60 Ribu Petani Milenial

Senin, 20 Mei 2024 – 19:48 WIB
Persidangan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian yang menjerat eks Mentan SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada PN Jakarta Pusat, Senin (13/5). Foto: Source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Siti Munifah mengatakan Kementerian Pertanian (Kementan) di bawah kepemimpinan Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah melahirkan 60 ribu petani muda atau milenial.

Hal itu disampaikan Siti saat menjadi saksi di kasus dugaan korupsi di lingkungan Kementan dengan terdakwa SYL. Sidang digelar di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, Senin (20/5).

BACA JUGA: Kubu SYL Merasa Ada Pihak yang Mencatut Nama Kliennya untuk Minta Uang

Awalnya, Siti menjawab pertanyaan penasihat hukum SYL, mengenai tugas dan fungsi saksi sebagai Sekretaris BPSDM.

"Tugas dari sekertaris badan adalah mengelola atau membuat pelaksanaan perencanaan anggaran, kemudian juga untuk pengelolaan keuangan, kemudian evaluasi, kemudian pengelolaan kepegawaian dan organisasi dan kehumasan," kata dia dalam persidangan.

BACA JUGA: KPK Menyita Rumah di Parepare yang Diduga Hasil Pencucian Uang SYL

Siti juga menjelaskan dalam badan yang dia kelola, ada salah satu program regenerasi pertanian. Di mana program itu berisi pelatihan-pelatihan yang memang dikhususkan kepada anak muda agar tertarik bertani.

"Hasilnya banyak, anak-anak muda yang sekrang berhasil dan sukses untuk menjadi petani. Petani yang orientasi bisnis bukan konvensional seperti orang tuanya," kata Siti.

BACA JUGA: SYL Sempat Berpesan ke Anak Buahnya soal Tata Kelola Perkebunan dan Logistik

Siti menjelaskan sudah ada puluhan ribu petani muda yang berhasil menjalankan bisnis. "Saat ini jumlah petani muda sudah sampai 60 ribu yang sudah sukses," kata dia.

Menurut dia, program ini terus berlanjut di Kementan. Bahkan, petani muda yang sudah sukses diminta terlibat dalam program tersebut.

"Masih trus karena satu orang yang sukses diminta resonansinya untuk membina timnya yang lain," kata Siti. (tan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Menyita Dokumen dan Barang Elektronik dari Rumah Adik SYL di Makassar


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler