Elektabilitas Habib Rizieq Kalahkan 3 Menteri Jokowi, Prabowo di Posisi Berapa?

Senin, 22 Februari 2021 – 20:26 WIB
Elektabilitas Habib Rizieq. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih menjadi tokoh pemilik elektabilitas tertinggi terkait pemilihan presiden.

Hal itu seperti tertuang dalam temuan Lembaga Survei Indonesia (LSI) berjudul Evaluasi Publik Terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024.

BACA JUGA: Sidang Gugatan Praperadilan Habib Rizieq Ditunda, Begini Respons Aziz Yanuar

Dalam simulasi semiterbuka survei LSI, Prabowo mengantongi elektabilitas sebesar 22,5 persen.

Angka tersebut dua kali lebih tinggi dari pemilik elektabilitas tertinggi kedua yang ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 10,6 persen.

BACA JUGA: Sedang di Dapur, Saidah Mendengar Teriakan Histeris dari Teras Rumah, Astagfirullah

"Prabowo Subianto paling unggul 22,5 persen, kemudian Ganjar Pranowo 10,6 persen," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangannya, Senin (22/2).

Sementara itu, berada di peringkat ketiga pemilik elektabilitas tertinggi ditempati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

BACA JUGA: Prabowo Tertinggi, Ahok dan Ustaz Abdul Somad juga Dijagokan Sebagai Capres

LSI mencatat Anies mengantongi elektabilitas sebesar 10,2 persen.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahja Purnama menempati posisi keempat elektabilitas tertinggi dalam simulasi semiterbuka dengan 7,2 persen.

Berturut-turut setelah itu, elektabilitas tertinggi kelima sampai sepuluh ditempati Menparekraf Sandiaga Uno (6,9 persen), Mensos Tri Rismaharini (5,5 persen), Gubernur Jabar Ridwan Kamil (5,0 persen), Ketua Umum Demokrat AHY (4,8 persen), Susi Pudjiastuti (2,3 persen), dan Ustaz Abdul Somad (2,0 persen).

Adapun eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo berada di peringkat sebelas pemilik elektabilitas tertinggi dengan 2,0 persen. 

Kemudian peringkat di bawahnya diisi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (1,8 persen), Wapres Maruf Amin (1,1 persen), Menko Polhukam Mahfud MD (0,9 persen), Hary Tanoe (0,8 persen), Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (0,7 persen), dan Habib Rizieq Shihab (0,7 persen).

Berlanjut lagi ada Menteri BUMN Erick Thohir dengan 0,6 persen. Berturut-turut setelah itu ditempati Menkeu Sri Mulyani (0,5 persen) dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (0,3 persen).

LSI juga menggelar survei dengan simulasi tertutup yakni menyediakan 14 nama. Hasilnya Prabowo tetap menjadi yang paling banyak dipilih responden.

Tercatat Prabowo memiliki elektabilitas 25,3 persen dalam simulasi tertutup.

Berturut-turut setelah itu ditempati Ganjar (14,7 persen), Anies (13,1 persen), Sandiaga (9,5 persen), dan Ridwan Kamil 6,9 persen.

"Kami coba ambil 14 nama. Tidak berubah posisinya, Pak Prabowo masih di atas," ujar Djayadi.

LSI melakukan survei pada 25-31 Januari 2021. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden.

Survei LSI memiliki margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengacara Habib Rizieq Mengajukan Permintaan kepada Hakim


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler