FFI 2009 Dibuka Kirab Artis

'Ruma Maida' Borong 11 Nominasi

Senin, 07 Desember 2009 – 01:22 WIB
KIRAB - Aktor El Manik memegang Piala Citra ditemani Jajang C Noer (kiri) saat kirab artis-artis peserta FFI di Kota Batu, Malang, Minggu (6/12). Foto: Malang Post.

BATU - Lima film nasional terbaik masuk dalam nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2009Lima film itu adalah Identitas, Jamila dan Sang Presiden, Mereka Bilang Saya Monyet, Perempuan Berkalung Sorban, dan Ruma Maida

BACA JUGA: Menbudpar Minta Polisi Menindak

Nominasi film terbaik itu diumumkan di areal parkir Museum Satwa, Kota Wisata Batu, Jawa Timur, kemarin
Film-film itu menyisihkan 42 film yang ikut serta dalam FFI 2009.

Ikut pula diumumkan lima nominasi pemeran utama pria terbaik, yakni Tio Pakusadewo (dalam film Identitas), Emir Mahiri (Garuda di Dadaku), Reza Rahardian (Emak Ingin Naik Haji), Vino G Bastian (Serigala Terakhir), dan Yama Carlos (Ruma Maida)

BACA JUGA: Jika Polisi-Jaksa Ogah, Masyarakat yang Nilai

Sedang nominasi pemeran utama wanita terbaik adalah Atiqah Hasiholan (Ruma Maida), Aty Kanser (Emak Ingin Naik Haji), Leony (Identitas), Revalina S Temat (Perempuan Berkalung Sorban), dan, Titi Sjuman (Mereka Bilang Saya Monyet).

Film Ruma Maida menjadi film cerita yang paling banyak masuk nominasi
Film yang disutradarai Teddy Soeriatmadja itu masuk dalam 11 nominasi dari total 13 nominasi

BACA JUGA: 4 Jurus Aktivis DPD Berantas Korupsi

Selain masuk sebagai nominasi film terbaik, Ruma Maida masuk dalam nominasi penyutradaraan (Teddy Soeriatmadja), skenario cerita asli (Ayu Utami), tata sinematografi (Ical Tanjung), tata artistik (Indra Tamoron Musu), penyuntingan (Waluyo Ichwandiardono), tata suara (Shaft Daultsyah dan Khikmawan Santosa), tata musik (Bobby Surjadi dan Didit), pemeran utama pria (Yama Carlos), pemeran utama wanita (Atiqah Hasiholan), dan pemeran pendukung pria (Frans Tumbuan dan Verdi Solaeman).

Menurut Ketua Dewan Juri FFI 2009, Franki Raden, penilaian ke-42 film itu dilaksanakan mulai 11-20 November 2009 lalu, di Studio 4 Hollywood Kartika Chandra, Jakarta"Seluruh nominasi ditetapkan di sini (Batu)," kata FrankiMenurut dia, total ada sembilan juri yang terlibat dalam penilaian semua film ituPengumuman pemenang FFI sendiri akan dilaksanakan di Jakarta pada 16 Desember mendatang.

Pembacaan nominasi FFI 2009 tidak hanya dilakukan oleh artis-artis undangan seperti Arumi Bachsin, Manohara, Atiqah Hasiholan dan Anwar Fuadi, tetapi juga oleh Walikota Batu, Eddy RumpokoDia membacakan nominasi kategori penyutradaraan terbaikPresenter acara Luna Maya sempat menggoda penampilan Eddy"Pak Walikota Batu ternyata masih muda, yaGanteng lagi orangnya!" seru Luna, yang langsung disambut tepuk tangan penonton acara bertajuk "Dahsyatnya Nominasi FFI 2009" itu.

Sebelum pembacaan nominasi, rangkaian acara diawali kirab puluhan artis dan suguhan karnaval bungaPuncaknya adalah penampilan hiburan musikPuluhan artis dikirab dari Balai Kota Batu menuju Museum SatwaKehadiran para artis di Kota Apel ini, disambut oleh ribuan masyarakat yang sejak pagi telah memadati jalur yang digunakan untuk pawaiPara artis itu diarak menggunakan mobil jeep terbuka.

Manohara dan Krisdayanti yang lahir di Batu, adalah artis yang paling dielukan-elukanPara penonton yang kebanyakan perempuan itu memanggil-manggil nama dua artis ituSedangkan yang berada di depan berebut berjabat tangan.

"Waduh, tangane aluse rek (wah, tangannya halus)," ujar Sirtanti, seorang ibu yang menjabat tangan ManoharaSelain dua artis itu, artis lain yang ikut kirab antara lain adalah Niniek LKarim, Anwar Fuadi, Chaerul Umam, Pong Harjatmo, Kholidi Asadil Anam dan Anna Althofunnisa (pemain dalam film Ketika Cinta Bertasbih), Ari Lasso, serta sejumlah artis ibu kota lainnya.

Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf yang hadir dalam acara itu, mengaku gembira dengan keberhasilan Pemkot Batu dalam menyelenggarakan rangkaian FFIDia pun mengatakan, ke depan pemprov berniat memboyong penyelenggaraan FFI di Jatim"Acara puncaknya di Surabaya, rangkaiannya bisa di daerah-daerah," ujar pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Manohara yang baru kali pertama datang ke Kota Batu, mengaku sangat senang melihat keindahan kota apel ini dan keramahan warganyaDia pun berjanji suatu saat akan kembali untuk datang ke Kota Batu"Saya gembira bisa datang ke Batu," ujarnya(nda/nug/lid/jpnn/agm)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Lebih Bisa Dipercaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler