Gandeng Swasta, PLN Bangun PLTU

Minggu, 24 April 2011 – 19:53 WIB

JAKARTA - Untuk mengantisipasi pertumbuhan permintaan listrik yang semakin tinggi, PT PLN berencana akan membangun tujuh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di beberapa daerah di wilayah IndonesiaPembangunan pembangkit berbahan bakar batubara ini nantinya kerjasama PLN dengan pihak swasta dengan sistim sewa.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN, Bambang Dwiyanto menyatakan, ketujuh pembangkit tersebut adalah, PLTU Tarahan (Lampung) 2 x (120-150) MW, PLTU NTB 4 x (25-30) MW, PLTU Timika (Papua) 2 x 15 MW, PLTU Kuala Tanjung (Sumatera Utara) 3 x (120-150) MW, PLTU Teluk Balikpapan (Kalimantan Timur)  2 x (120-150) MW, PLTU Asam-Asam (Kalimantan Selatan)  3 x (50-65) MW.

Sementara yang akan ditenderkan yakni, PLTU Air Anyer (Bangka) 2 x 30 MW, PLTU Barru (Sulawesi Selatan) 2 x (120-150) MW, PLTU Amurang (Sulawesi Utara) 2 x (25-30) MW dan  PLTU Riau 2 x (120-150) MW.

‘’Pembangunan tujuh PLTU sudah kita tenderkan pekan lalu di Kantor PLN Pusat, namun saat ini belum ada peminatnya karena masih baru

BACA JUGA: Nego Pemerintah Loloskan Empat Maskapai Kargo di UE

Sementara tiga lagi akan segera ditenderkan,’’ ucap Bambang kepada JPNN, Minggu (24/4).

Pembangunan pembangkit berbahan bakar batubara ini, kata Bambang, investor cukup menyediakan mesin pembangkit dan kemudian mengoperasikannya
Sedangkan PLN akan menyediakan lahan termasuk persiapan operasionalnya, memasok bahan bakar (batubara), menyiapkan transmisi serta membeli energi listrik yang dihasilkannya.

‘’Mengenai  hitung-hitungannya sewanya seperti apa termasuk harga listrik yang dibeli PLN belum dibicarakan

BACA JUGA: Kecewa Investor Jepang, Pemerintah Ambil Inalum

Namun yang jelas prosesnya lebih cepat termasuk pembangunannya yang hanya membutuhkan sekitar 20 bulan dari kontrak efektif,’’ jelasnya.

Tujuan kerjasama ini, lanjut Bambang, untuk menekan penggunaan bahan bakar minyak dan menggantinya dengan pembangkit berbahan bakar batubara
Selain itu juga untuk mengantisipasi keterlambatan pembangunan dan pengoperasian sejumlah proyek listrik swasta

BACA JUGA: Investasi USD 1 Miliar Tunggu Insentif

‘’Diharapkan banyak investor yang tertarik untuk bekerjasama dengan PLN dalam menyediakan pasokan listrik ke masyarakat sekaligus mendukung kegiatan pembangunan melalui proyek sewa PLTU ini dengan Jangka waktu kerjasama selama 9 tahun,’’  pungkasnya(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemenhub Bakal Batasi Kendaraan Pribadi di Jalan Raya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler