Gebrak Lewat Sektor Sayap

Jumat, 05 September 2014 – 08:31 WIB
Suporter Timnas Indonesia. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - HANOI - Laga perdana Timnas U-19 B dalam turnamen AFF U-19 akan tersaji sore ini di Stadion My Dinh, Hanoi. Melawan Thailand U-20, timnas U-19 B memilih untuk bermain sabar.  Artinya, mereka tak akan buru-buru melakukan tekanan.

 

Pelatih Timnas U-19 B Rully Nere menegaskan jika timnya ingin menunjukkan permainan terbaik. Meski secara persiapan tak sebaik tim lawan, Rully menyebut kemungkinan untuk bisa menang masih terbuka.  

BACA JUGA: Ungkap Skandal Seks Pemain Belgia

Thailand sendiri, meski bermaterikan pemain U-19, namun mereka lebih senang menyebut timnya dengan Thailand U-20.  Pasalnya, tim muda Gajah Putih itu memang disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20.
 
"Kami sudah melatih anak-anak untuk menghadapi strategi Thailand yang juga mengandalkan kecepatan. Kami akan merepotkan mereka,'' ujar Rully sebelum berangkat ke Vietnam.

BACA JUGA: Persib Ingin Kemenangan di Laga Pamungkas

Rully mengakui beberapa kelemahan timnya.  Di mana Timnas U-19 B belum memiliki gelandang bertipikal playmaker seperti Evan Dimas, yang bisa mengatur tempo dan arah permainan. Karena itu, Timnas U-19 B lebih mengandalkan serangan dari sektor sayap.

Sabeq Fahmi dan Djali Ibrahim memang memiliki keunggulan dalam daya jelajah di kanan-dan kiri lini penyerangan Timnas. Mereka akan didukung oleh Untung Wibowo, Fahmi Al Ayyubi, dan Dio Permana di tengah.

BACA JUGA: Ribery Bakal Dipaksa Kembali ke Les Bleus

''Kami akan memaksimalkan kecepatan pemain kami di sayap. Karena Thailand akan bermain dengan pressing ketatnya, Timnas U-19 akan bermain cerdik,'' ucapnya.

Meski optimistis kalau skill pemain U-19 B tak kalah dari Thailand, Rully tetap meminta pasukannya untuk mewaspadai kolektivitas lawan. Apalagi, mereka telah melakukan persiapan yang matang dan menjalani berbagai uji coba ke luar negeri.

Sementara, Timnas U-19 B adalah tim dadakan yang baru 12 hari dibentuk, dan hanya menjalani dua pertandingan uji coba lokal. Belum lagi, di tengah jalan pelatih kepala Rudy Keltjes tiba-tiba diganti Rully Nere.

''Saya ingin anak-anak bisa main kompak dan disiplin. Saya yakin kalau semangat dan motivasinya besar pasti bisa main bagus,'' tegas dia.

Thailand sendiri memiliki target khusus di turnamen ini. Pelatih Thailand Sasom Pobprasert ingin mematangkan tim utama, sekaligus menambah jam terbang pemain pelapis agar kekompakan mereka semakin terasah. Mereka ingin meraih hasil terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri pemainnya sebelum tampil di AFC U-19 di Myanmar bulan depan.

''Kami ingin meraih hasil yang baik. Itu bagus untuk kepercayaan diri pemain sebelum even yang sesungguhnya. Tapi saya juga punya rencana untuk pemain kami agar kesimbangan pemain inti dan cadangan terjaga,'' ucap Sasom. (aam/bas)

Perkiraan Pemain

Indonesia U-19 (4-3-3):  Dikri Yusron (g); Makarius, Ary Ahmad, Junda Irawan, Dwi Susanto;
Untung W, Dio Permana, Fahmi Ayyubi; Sabeq Fahmi, Febri, Djali
Pelatih : Rully Nere

Thailand U-20 (4-3-1-2): Songshachan(g); Suporn Pee, Kiattisak Toopkhuntod, Kullachat, Saharat; Chaowat Verachart, Chaiyawat Buran, Piyapong Homkhajohn;  Attawit, Montree Promsawat, Samphaodi
Pelatih : Sasom Pobprasert

BACA ARTIKEL LAINNYA... PT LI Tidak Akan Seragamkan Kick Off


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler