Gedung Rektorat Unimal Ludes Terbakar, Layanan Akademik Tetap Berjalan Normal

Sabtu, 19 Agustus 2017 – 13:00 WIB
SW, mantan karyawan di Unimal diamankan polisi lantaran membakar gedung rektorat Unimal. Foto: rakyataceh/jpg

jpnn.com, ACEH UTARA - Pihak Universitas Malikussaleh (Unimal) memastikan layanan akademik di kampus tidak terganggu pasca-pembakaran gedung biro rektor oleh mantan karyawan, Kamis kemarin.

Hari ini, ruang layanan akademik dan kemahasiswaan dipindahkan ke ruang umum Universitas Malikussaleh di depan gedung biro rektor.

BACA JUGA: Tak Terima Dipecat, Mantan Karyawan Nekat Bakar Gedung Unimal

“Kondisi gedung darurat untuk layanan akademik dan kemahasiswaan dipusatkan ke ruang bagian umum. Di sana memang sempit, tapi untuk darurat itu kita fungsikan dulu,” sebut Kepala Humas Unimal, Masriadi kepada Rakyat Aceh (Jawa Pos Group), Jumat (18/8).

Dia menyebutkan, walau gedung ludes terbakar namun sebagian dokumen seperti ijazah dapat diselamatkan.

BACA JUGA: Tari Saman 10001 Gayo Lues Pecahkan Rekor MURI dan Dunia

“Jika pun ada satu atau dua usulan ijazah yang basah akibat proses api dipadamkan, masih tersedia blanko ijazah 3.500 lembar. Blanko itu tidak terbakar karena tersimpan di brankas,” terangnya.

Selain itu, hangusnya gedung pusat administrasi itu berdampak pada acara pengenalan akademik mahasiswa baru (Pamaba).

BACA JUGA: Diduga Terlibat Tambang Ilegal, Suami Kepala Dinas Perindustrian Ditahan

“Tahun ini mahasiswa baru kita itu 3.333 orang. Misalnya direncanakan Pamaba beberapa hari, karena ini sedang musibah, kemungkinan disesuaikan jumlah harinya tergantung kesiapan panitia,” ujarnya.

Akibat peristiwa tersebut, sistem digital kampus tersebut turut rusak. Pasalnya, server internet kampus terkena imbas kejadian tersebut.

Pemulihan sistem online seperti pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) seharusnya dilakukan secara online mulai tanggal 25 Agustus 2017, terpaksa dilakukan secara manual.

“Jadi pengisian KRS jadwalnya tidak berubah, tetap 25 Agustus 2017. Namun dilakukan secara manual di fakultas masing-masing,” sebutnya.

Untuk pemulihan sistem online dilakukan secara bertahap. “Tim memperbaiki jaringan online dan server internet ini di bawah pusat komputer Unimal. Terus dilakukan perbaikan secara bertahap. Soal data digital, semoga masih aman, karena dibackup persatu bulan sekali,” terangnya.

Dia menjelaskan, perkuliahan resmi dimulai pada 4 September 2017. “Kami pastikan perkuliahan tepat waktu dan tidak ada molor,” harapnya.

Selain itu, sambung Masriadi, terkait dugaan pelaku pembakaran SW, merupakan mantan tenaga kontrak di bagian umum dan perlengkapan Unimal.

“Dia bukan dipecat. Namun tidak diperpanjang kontrak. Usulan tidak perpanjangan kontrak itu pada 23 Agustus 2017 dan telah dirapatkan oleh tim Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjakat) Unimal. Kesimpulannya, dia tidak disiplin dan resmi tidak diperpanjang kontraknya pada 3 Januari 2017,” tambahnya.

Terkait penyidikan yang dilakukan polisi, sambung Masriadi, Unimal sepenuhnya menghormati proses penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan Polres Lhokseumawe.

Selain itu, pihaknya berharap doa dan dukungan semua pihak untuk pemulihan gedung pusat administrasi.

“Kami juga sudah laporkan ke menteri terkait musibah ini, semoga ada bantuan dari kementerian untuk pembangunan gedung pusat administrasi,” tambahnya. (arm/mai)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebakaran Lahan Gambut di Meulaboh, Api Mendekat ke Pemukiman, Warga pun Panik


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler