Halo! Memasuki hari kedua di bulan Agustus ini, kami kembali hadir dengan sejumlah informasi pilihan yang terjadi selama 24 terakhir.

Dunia Hari Ini edisi Rabu, 2 Agustus 2023, akan kita awali dari Jepang.

BACA JUGA: FFB 2023 Segera Dimulai, Sandiaga Uno Ajak Sineas Kalimantan Berpartisipasi

Meme 'Barbenheimer' di Jepang menimbulkan kecaman

Distributor Jepang untuk Barbie meminta maaf atas reaksi perusahaan induknya di Amerika Serikat terkait meme "Barbenheimer" yang menggabungkan gambar Barbie dan asap ledakan bom atom.

Meme tersebut dianggap telah mengecilkan dampak bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.

BACA JUGA: Perempuan Asal Adelaide Butuh Darah Langka, Ada yang Didatangkan dari Inggris

Beberapa meme, yang bukan dibuat oleh Warner Brothers, menunjukkan Margot Robbie, yang berperan sebagai Barbie, duduk di bahu Oppenheimer, yang diperankan oleh Cillian Murphy, dengan asap ledakan bom berwarna oranye di belakangnya.

Sejumlah pihak di Jepang mengkritik keras unggahan meme tersebut, karena dianggap meremehkan serangan nuklir, membuat warga marah dan seruan untuk memboikot film Barbie, dengan tagar #NoBarbenheimer yang trending di jejaring sosial.

BACA JUGA: Perpres Jurnalisme Berkualitas Bikin Google Gerah, Apa sih Isinya?

"Kami meminta maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman karena reaksi yang tidak masuk akal ini," kata Warner Bros. Japan dalam pernyataan yang diunggah di X, nama dari Twitter saat ini.Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka

Setelah melakukan pemeriksaan selama sekitar sepuluh jam, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menetapkan pemimpin Pondok pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang, sebagai tersangka penistaan agama dan ujaran kebencian.

"Hasil dalam proses gelar perkara semua menyatakan sepakat untuk menaikkan Saudara PG menjadi tersangka," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro, Selasa (01/08).

Panji Gumilang dilaporkan oleh sejumlah pihak ke Bareskrim pada bulan Juni 2023 dan sejak saat itu penyidik telah memeriksa 38 saksi serta 16 ahli terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Panji.

Salah satu laporan adalah soal ajaran Panji yang menyimpang, seperti saat Panji mempersilakan perempuan berjejer satu baris dengan laki-laki saat salat dan memperbolehkan perempuan sebagai khatib.

Selain dugaan penistaan agama dan kebencian, Panji juga diduga terlibat dugaan tindak pidana pencucian uang, korupsi, serta penggelapan dana yang dikelolanya di Ponpes Al Zaytun.Mantan presiden AS Donald Trump hadapi empat dakwaan

Surat dakwaan dewan juri menuduh Trump berkonspirasi untuk menipu Amerika Serikat dengan mencegah Kongres mengesahkan kemenangan Joe Biden dan merampas hak pemilih untuk pemilihan yang adil.

Tuduhan terhadap Trump termasuk konspirasi menghalangi proses resmi dan konspirasi terhadap hak-hak pemilih.

Di Amerika Serikat, dewan juri bisa terdiri dari warga negara tanpa pandangan memihak, yang memeriksa tuduhan terhadap seseorang. Jika ada bukti, mereka bisa membuat dakwaan, yang juga dikenal sebagai pemberitahuan dakwaan resmi atau dikenal dengan istilah indictment.

Trump diperintahkan untuk menghadap pengadilan federal pada hari Kamis besok.Iran umumkan dua hari libur nasional karena cuaca panas ekstrem

Media pemerintah Iran melaporkan kantor-kantor pemerintah, bank, dan sekolah akan ditutup mulai hari ini sampai besok menyusul meningkatnya suhu di negara itu.

Juru bicara pemerintah Ali Bahadori Jahormi mengatakan keputusan itu diambil atas masukan kementerian kesehatan yang memperingatkan peningkatan kasus kelelahan akibat panas setelah kota-kota telah mencapai suhu hingga 50 derajat Celcius dalam beberapa hari terakhir.

Kemarin, suhu di ibu kota Iran, Teheran, mencapai 38 derajat Celcius dan diperkirakan akan mencapai 39 derajat selama tiga hari ke depan.

Sementara suhu di Ahvaz, ibu kota provinsi penghasil minyak di barat daya negara itu, kemarin mencapai 50 derajat.Penguasa junta Myanmar tunda pemilu

Pemimpin junta, Jenderal Min Aung Hlaing, bersama Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional (NDSC) yang didukung tentara, memperpanjang enam bulan lagi status keadaan darurat di Myanmar dengan alasan sejumlah peristiwa kekerasan yang tengah berlangsung.

Padahal sebelumnya militer berjanji untuk mengadakan pemilihan umum pada Agustus 2023 setelah menggulingkan pemerintah terpilih yang dipimpin oleh peraih Nobel, Aung San Suu Kyi.

"Dalam melaksanakan pemilu, agar pemilu yang bebas dan adil serta dapat memberikan suara tanpa rasa takut, tetap diperlukan pengaturan keamanan sehingga masa darurat perlu diperpanjang," kata junta yang disiarkan di TV pemerintah.

Menanggapi pengumuman junta, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan memperpanjang keadaan darurat akan menjerumuskan negara itu "lebih dalam ke dalam kekerasan dan ketidakstabilan".NASA deteksi tanda-tanda pesawat ruang angkasa Voyager 2

Setelah berhari-hari, NASA mendengar keberadaan pesawat ruang angkasa Voyager 2, yang jaraknya hampir 20 miliar kilometer dari Bumi.

Pengendali penerbangan secara tidak sengaja mengirim perintah yang salah hampir dua minggu lalu, sehingga menyebabkan antena pesawat ruang angkasa itu menjauh dari Bumi dan memutuskan kontak.

Tetapi Deep Space Network NASA, antena radio raksasa di seluruh dunia, menangkap sinyal keberadaannya pada hari kemarin sebagai indikasi kuat pesawat berusia 46 tahun itu masih hidup dan beroperasi, kata manajer proyek Suzanne Dodd melalui email.

Jarak ke pesawat ruang angkasa itu sekitar empat kali jarak rata-rata antara Matahari dan Pluto, yang berarti sebuah sinyal membutuhkan lebih dari 18 jam untuk menempuh satu arah pancar.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daging Anjing dan Kucing Kini Terlarang Tomohon, tetapi Kelelawar Masih Digandrungi

Berita Terkait