Gempa Guncang Hotel SBY

Rabu, 04 Agustus 2010 – 05:51 WIB

TERNATE - Sekitar pukul 21.08 WIT malam tadi, warga Kota Ternate dikejutkan dengan peristiwa gempa bumiTidak terkecuali, gempa tersebut ikut terasa di Hotel Bela Internasional, tempat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama Ny Ani Yudhoyono menginap.   

Saat itu, Presiden SBY bersama Ny Ani Yudhoyono tengah berada di Gamalama Grand Ball Room untuk menerima gelar adat "Alam ma Kokuta"

BACA JUGA: Bupati Siak Bantah Terima Suap Kehutanan

Menariknya, tidak terlihat kepanikan pada diri presiden maupun para pengawalnya
Padahal beberapa pejabat sempat keluar ruangan untuk mengamankan diri

BACA JUGA: Istana Seriusi Usul Pemindahan Ibu Kota



Sultan Ternate Mudaffar Sjah kepada Malut Post (grup JPNN) mengaku, saat kejadian gempa, dirinya sedang bercakap-cakap dengan presiden
"Tidak ada kepanikan dari bapak presiden

BACA JUGA: Pemeriksaan Yusril Tunggu Putusan MK

Beliau tetap saja tenang saat gempa terjadiTapi yang pasti beliau tahu kalau ada gempa, karena sempat terlontar dari mulut beliau bahwa senang terjadi gempa," ujarnya.

Ketenangan dari presiden SBY tidak lepas dari peran Sultan MudaffarSultan Ternate ini mencoba menenangkan presidenMenurut Sultan, gempa tersebut ada kaitannnya dengan penganuggrahan gelar adat yang baru saja digelar"Tadi rasa tanah goyang, itu energinya mulai bergerak," tanya Sultan kepada presiden sembari menenangkannya

Gelar adat "Alam Ma Kokuta", menurut Sultan, berarti "Panongka Langit" atau penyangga langit yang merupakan sebuah energi yang ditransferkan kepada presiden sehingga gempa yang terjadi di tempat kegiatan itu diyakini  pihak kesultanan memiliki kaitannya dengan penganugrahan gelar adat itu"Presiden tidak panikTadi presiden bilang gempa! Terus saya bilang sebentar saja pak, itu energinya menyambut," akunya lagi.

Gempa tektonik yang mengguncang Ternate malam tadi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR)Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatolgi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ternate, Ariyo Fauzi, dari hasil pencatatan BMKG, gempa tersebut  berlokasi 1,26  LU, 126, 38 BT dan berada di lokasi 122 KM Barat Laut TernateGempa itu sendiri dirasakan di Ternate III MMI (Intensitas Gempa Berdasarkan Efek Yang Ditimbulkan), dengan  kedalaman 10 KM.

Gempa itu sendiri tidak berpotensai menyebabkan terjadinya tsunami"Alhamdulillah gempa itu tidak menyebabkan tsunami, jadi para warga tidak perlu khawatir yang berlebihan," terang Aryo.

Gempa yang terjadi malam tadi membuat warga Kota Ternate panik dan berhamburan keluar rumahMereka umumnya panik dan keluar rumah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi(wm-8)

BACA ARTIKEL LAINNYA... DPD Setujui 11 Daerah Pemekaran


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler