Gempa, PM Tiongkok Batal Kunjungi RI

Sabtu, 17 April 2010 – 01:43 WIB
JAKARTA - Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Tiongkok Wen Jiabao ke Indonesia yang dijadwalkan pada 23-24 April mendatang resmi dibatalkanPembatalan tersebut terkait gempa 7,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Provinsi Qinghai dan berpusat di Yushu Rabu lalu (14/4).
 
"Kami baru dapat kabar (pembatalan kunjungan, Red) semalam dan pemerintah sangat memaklumi

BACA JUGA: Gempa, PM China Tunda Kunjungan

Pemerintah RI telah menyampaikan belasungkawa atas bencana tersebut," ujar juru bicara Kemenlu Teuku Faizasyah di Gedung Kemenlu, Pejambon, Jakarta, kemarin (16/4).
 
Lawatan PM Wen ke Indonesia merupakan bagian dari kunjungan ke tiga negara di Asia Tenggara, termasuk Myanmar dan Brunei Darussalam
Akibat gempa di negerinya, Presiden Tiongkok Hu Jintao yang mengikuti KTT di Brazil juga mempersingkat kegiatan serta membatalkan kunjungan ke Venezuela dan Peru.
 
Gempa di Tiongkok merenggut hampir 800 jiwa

BACA JUGA: Korban Gempa China Kian Menderita

Faizasyah menyatakan, sampai kini tak ada laporan tentang korban jiwa warga negara Indonesia (WNI)
"Dari kontak kita dengan KBRI di Beijing, tidak ada laporan korban WNI

BACA JUGA: Gempa Susulan Diprediksi Juga Hebat

Tapi, kita akan pantau terus," katanya.
 
Menurur Faizasyah, wilayah bencana berada cukup jauh dari Beijing, tempat sebagian besar WNI tinggalJadi, kecil kemungkinan ada WNI di sana"Kecuali, mereka sedang ada kegiatan pendakian atau bertualang," tuturnya.
 
:TERKAIT Terkait penjadwalan ulang kunjungan PM Wen ke Indonesia, Faizasyah mengatakan belum mendapat keterangan resmiDia menambahkan, terkait rencana pembicaraan bilateral maupun penandatanganan kerja sama dengan Tiongkok, pemerintah RI tidak merasa ada masalah dengan penundaan tersebut.
 
"Kalau tidak salah, memang ada sekitar 14 nota kesepahaman yang akan ditekenBeberapa sudah matangNamun, itu tak menjadi masalah (ditunda)Kita justru bisa melakukan finalisasi  materi yang belum selesai," pungkasnya(zul/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selamatkan 27 Siswa dengan Tangan Kosong


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler