Generasi Baru Avanza-Xenia

Senin, 07 November 2011 – 16:37 WIB

JAKARTA--Kerjasama antara tiga perusahaan otomotif ternama yakni Toyota, Astra Internasional, dan Daihatsu berhasil menelorkan produk baru yaitu Avanza-Xenia yang terdiri dari All New Avanza dan All New XeniaBuah sinergi ketiga perusahaan sejak tujuh tahun silam itu secara resmi dideklarasikan pada Senin (7/11) di Hotel Ritz Charlton, Pacifik Palace, Jakarta.

"Lahirnya produk baru ini melalui riset panjang serta berbagai diskusi yang dilakukan secara intensif

BACA JUGA: Jalur Ganda Lintas Utara Beroperasi 2014

Oktober lalu, produksi Xenia naik hingga enam kali lipat dari jumlah produksi awal 2004 silam," kata Presiden Direktur PT Astra Internasional Priyono Subiyanto.

Sejak resmi diluncurkan tujuh tahun lalu, Avanza-Xenia menjadi primadona baru pecinta otomotif tanah air
Hal tersebut tampak pada angka penjualan mobil berpenumpang maksimal tujuh orang itu yang menyentuh angka satu juta unit hingga Oktober 2011.

Dengan demikian, Avanza-Xenia berkontribusi hingga 22 persen dari total pasar otomotif Indonesia

BACA JUGA: BUMN Siapkan Skuadron Penangkap Ikan

Sementara untuk produksi, Assembly Plant Pt Astra Daihatsu Motor di Sunter, telah mengeluarkan lebih dari satu juta unit untuk memenuhi pasar domestik maupun kebutuhan ekspor
Capaian tersebutlah yang diklaim sebagai sebuah prestasi fenomenal

BACA JUGA: Penghentian Ekspor Rotan Berlaku Desember

"Ekspor kita sudah diterima di Jepang, asal mula produk Avanza-Xenia sendiri," terang Priyono.

Sinergi ketiga perusahaan ini disebut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasionalDiantaranya melalui penyerapan tenaga kerja pada sektor industri hulu, hilir, hingga sub sektor industri pendukung seperti distribusi, asuransi, leasing, purna jual, serta jaringan supply chain.

Selain itu, peningkatan angka penjualan ikut membantu pendapatan negara dan daerah dari pendapatan pajakSaat ini ekspor Toyota Avanza ke 27 negara, menembus angka 113 ribu unit.(dwi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringkat RI Melorot di Posisi 124


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler