Geopark Perlu Dimasukkan Dalam Muatan Lokal di Sekolah

Senin, 14 November 2011 – 19:29 WIB

JAKARTA - Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman, menyatakan, dibutuhkan waktu lama untuk menjadikan sebuah daerah sebagai geoparkIa mengusulkan agar geopark bisa masuk di dalam pendidikan.

Menurutnya, geopark itu bisa dimasukkan sebagai muatan lokal di sekolah

BACA JUGA: Optimis Bahasa Indonesia jadi Bahasa Internasional

“Untuk menjaganya, bisa dimasukan dalam muatan lokal dalam  sekolah
Harus punya buku-buku, materi, dan gurunya yang bias membantu pemahaman ini

BACA JUGA: Anggaran Pendidikan Harus Tepat Sasaran

Dengan demikian manusia menyatu dengan alam,” terang Arief saat seminar sosialisasi geopark di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Senin (14/11).

Geoprak yang akan dievaluasi setiap empat tahun sekali tersebut diharapkan dapat ditangani secara serius
Pendidikan untuk anak-anak, lanjut Arief, juga akan disediakan di area Geopark tersebut

BACA JUGA: Kisi-Kisi Unas 2012 Diberikan Tahun Ini

Yakni dengan membangun tempat rekreasi yang edukatif

“Pemerintah juga harus menyiapkan guru-gurunya secara khususTentunya guru yang harus paham mengetahui tentang Geopark,” tukasnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengusulkan agar Pacitan dan Gunung Batur dimasukkan dalam geopark versi UNESCOJika usulan itu disetujui, maka Pacitan dan Gunnung Batur di Bali akan menjadi geopark pertama di Indonesia.

Sedangkan Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Sukhyar mengatakan, konsep geopark tersebut berangkat dari bukti dan keunikan alamSementara yang dilakukan pemerintah adalah mencari bukti keunikan dari aspek keilmuan dan pendidikan

“2010 kita ajukan Gunung Batur dan PacitanSudah ada bukti peninggalan budayanya,” papar Sukhyar.
 
Dipaparkannya, variasi geodiversity tersebut berupa bentang alam, bentuk lahan, singkapan batuan, kelompk batuan, jenis batuan, tanah, mineral, kristal, hingga fossil“Hasil inventarisir sebanyak 33 geoherigateMisalnya, kaldera Toba, Jambi flora, kompleks Krakatau, kars Pegunungan Sewu, Gunung Batur, dan Tambora,” tambahnya.

Sementara Wakil Bupati Pacitan, Prayitno, menyatakan kesiapannya jika kabupaten tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) geopark di daerahnya akan segera dimasukkan di dalam pendidikan muatan lokal di sekolah“Kami siap untuk memasukkan ke dalam muatan lokalDiharapkan dengan adanya usulan ini dapat semakin ramai dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pacitan,” imbuhnya.(cha/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Desak Penetapan Upah Minimal Pendidikan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler