GM Stop Produksi Hummer-Pontiac

Awal Juni Nyatakan Pailit

Sabtu, 30 Mei 2009 – 09:09 WIB
Foto: AP
DETROIT - Raksasa otomotif AS General Motors (GM) dipastikan bakal pailit awal Juni mendatangSebab, kreditor obligasi tidak lagi menentang rencana pembangkrutan produsen mobil terbesar kedua di dunia itu

BACA JUGA: Mal di Selangor Ambruk, Empat TKI Tewas

Menurut eksekutif GM yang ikut perundingan, ikon otomotif AS itu akan mengajukan proteksi kepailitan atau lazim disebut Chapter 11.

''Dengan begitu, kami bisa keluar dari masalah ini secepat mungkin
Pemerintah AS menginginkan uangnya kembali dan kami berencana mengembalikan secepat mungkin,'' terang GM Vice Chairman Bob Lutz di Detroit seperti dilansir AP.

Dengan menggunakan Chapter 11, perusahaan yang bangkrut dapat merestrukturisasi tanpa khawatir asetnya disita kreditor dan pemasok

BACA JUGA: 20 Ribu Sipil Tewas dalam Perang Final di Srilanka

Perusahaan pun memperoleh kesempatan mendapatkan pinjaman baru -GM bakal disuntik dana segar oleh pemerintah AS
Karena itu, muncul guyonan bahwa GM berubah nama menjadi Government Motors

BACA JUGA: Ratusan Ribu Berduka di Pemakaman Roh

Selain itu, pengadilan memberikan hak kepada perusahaan untuk menunda atau membatalkan kontrak.

Dalam skema pembangkrutan yang disusun pemerintahan Barack Obama, aset-aset busuk GM bakal dikelompokkan dan dilikuidasi hingga memperoleh angka kerugian minimalSedangkan aset yang masih sehat disatukan dan dibikinkan perusahaan baru yang menguntungkanDalam perusahaan baru itu, Depkeu AS memegang 72,5 persen sahamSedangkan sisanya untuk kreditor dan serikat pekerjaPemegang saham lama dipastikan bakal kehilangan segalanya.

GM tercatat menaungi 13 merek mobilYaitu, Chevrolet, Pontiac, Saturn, Buick, Cadillac, Hummer, Saab, GMC, GM Daewoo, Holden, Opel, Vauxhal, dan WulingTotal jenderal, GM memiliki 160 pabrik di duniaDi antara merek tenar itu, Hummer, Pontiac, Buick, dan Saturn terpaksa ditutup karena operasionalnya terus merugi.

Hingga kini, pemerintah AS telah mengucurkan USD 19,4 miliar atau sekitar Rp 194 triliun untuk operasional GM selama beberapa bulanGM diprediksi masih membutuhkan tambahan USD 30 miliar atau sekitar Rp 300 triliun agar tetap beroperasi di bawah proteksi kebangkrutanSeorang staf Obama mengatakan, periode proteksi kebangkrutan GM diperkirakan berlangsung 60-90 hari''GM diperkirakan dapat keluar dari Chapter 11 dengan lebih cepat,'' beber Pete Hastings, analis senior Morgan Keegan & Co.

Bulan lalu produsen otomotif terbesar ketiga di AS Chrysler juga sudah mengajukan perlindungan kebangkrutan Chapter 11Chrysler berencana bangkit dalam 30 hari sebagai perusahaan baruSebab, produsen otomotif Italia Fiat tertarik menjadi pemegang saham mayoritasPemerintah AS juga komit memberikan dana tambahan untuk Chrysler hingga USD 8 miliar.

Kebangkrutan GM merupakan yang terbesar ketiga dalam sejarah perekonomian AS setelah Lehman Brothers dan WorldComPer 31 Desember, GM dilaporkan memiliki total aset USD 91 miliar(AP/AFP/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AS Belum Berniat Tambah Pasukan di Korea


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler