Golkar Klaim Lebih Populer Ketimbang PDIP

Selasa, 11 Maret 2014 – 20:47 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Partai Golkar mengklaim menjadi partai paling populer pada pemilu legislatif, 9 April mendatang. Bahkan partai berlambang beringin itu mengklaim elektabilitasnya unggul enam persen dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang  berada di urutan kedua.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Golkar, Idrus Marham, Partai Golkar meraih 21 persen. Sementara PDI Perjuangan hanya meraih 15 persen suara, dari survei yang dilakukan empat lembaga survei terpercaya. Di antaranya, Indo Barometer, Celebes dan LP3ES.

BACA JUGA: Dahlan Iskan Bangga pada Batan Teknologi

“Survei dilakukan di 77 daerah pemilihaan dengan 32 ribu responden di seluruh Indonesia. Hasilnya elektabilitas Golkar nomor satu dengan 21 persen, PDIP 15 persen, disusul Partai Demokrat dan Partai Gerindra,” ujar Idrus di gedung KPU, Jakarta, Selasa (11/3).

Hasil ini kata Idrus, tidak mengejutkan, karena di sejumlah daerah selama ini diketahui kecintaan masyarakat terhadap Golkar cukup tinggi. Contohnya seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, suara Golkar berimbang dengan PDI Perjuangan.

BACA JUGA: Mengaku Sedih Petani Lokal Tak Dilindungi

“Untuk Banten kita berharap dapat bertahan (tetap tertinggi), bahkan ada kenaikan kursi,” katanya.

Di luar Jawa, hasil survei kata Idrus memerlihatkan Partai Golkar hanya kalah tipis di Kalimantan Barat. Sementara di sejumlah daerah seperti di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi, Golkar tetap berada di urutan teratas.

BACA JUGA: Polisi Tetapkan 34 Tersangka Pembakaran Lahan Riau

“Sulsel (Sulawesi Selatan) lumbung beringin (Partai Golkar). Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, juga lumbung beringin. Yang perlu perhatian khusus adalah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. NTB (Nusa Tenggara Barat) juga cukup bagus, NTT juga dari dua daerah pemilihan Golkar unggul,” katanya. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rudi Tukarkan Uang Asing Untuk Dikirim ke Pihak Lain


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler