Gorontalo jadi Percontohan Rumah Murah

Rabu, 16 Maret 2011 – 16:47 WIB
JAKARTA - Provinsi Gorontalo menjadi daerah percontohan rumah murah bagi masyarakat miskinRumah seharga maksimal Rp 25 juta dengan tipe 36 itu, dibangun di Kabupaten Bualemo.

Menurut Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa, tak hanya di Gorontalo saja yang akan dibangun rumah murah

BACA JUGA: 74 Twin Block Rusunawa Tidak Dihuni

Disebutkannya, pada tahun ini akan dibangun rumah murah di beberapa daerah, antara lain mulai dari Nusa Tenggara Timur, Gresik, Lampung, Pasuruan, Jombang, Mojokerto, dan sebagainya.

"Pemerintah menargetkan akan membangun rumah murah sebanyak 500 ribu unit hingga 2014
Untuk tahun ini, kita alokasikan 50 ribu unit, yang tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Suharso, dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi V DPR RI, Rabu (16/3).

Program pembangunan rumah murah tersebut, lanjut Suharso, dipandang sangat rasional

BACA JUGA: Pengusaha Wajib Daftarkan Karyawan di Program Jamsostek

Oleh karena itu, dia berharap tidak ada keluhan dari para pengembang, terkait masalah harga rumah di kemudian hari
"Kami akan mengupayakan agar harga struktur pembangunan rumah bisa diturunkan

BACA JUGA: Nelayan dan Petani Penggarap Disiapkan Rumah Sangat Murah

Namun ukuran luas rumah umum yang dibangun, harus tetap seluas 36 meter persegi, seperti yang diamanatkan dalam UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PKP)," tuturnya.

Dijelaskan pula, biaya yang mahal untuk pembangunan rumah, ada pada aksesoris rumah seperti pintu, kusen, jendela dan jambanSuharso menyatakan akan menekan harga ini sedemikian rupaSalah satunya menurutnya, dengan membangun fasilitas umum yang bisa digunakan untuk tiga hingga lima rumah.

"Kami punya contoh pembangunan rumah murah ini di Kabupaten BoalemoRumah murah ini memang merupakan program baru KemenperaKarena itu, sosialisasi akan terus dilakukan ke daerah-daerah, agar target pemerintah bisa tercapai," kata Suharso, yang sekaligus meminta pula dukungan Komisi V untuk mensosialisasikan ke daerah pemilihan masing-masing politisi(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MA Prioritaskan Sidang Keliling


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler