Gowes Pesona Nusantara Wondama Hadirkan Kebinekaan

Jumat, 09 Juni 2017 – 21:55 WIB
Gowes Pesona Nusantara Wondama Hadirkan Kebinekaan. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, PAPUA BARAT - Gowes Pesona Nusantara (GPN) di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat siap digelar di Pelabuhan Wasior pada Sabtu (10/6) sore.

Lebih dari dua ribu peserta akan meramaikan hajatan besar Kemenpora dalam mengampanyekan program Ayo Olahraga.

BACA JUGA: Wondama Siap Gelar Gowes Pesona Nusantara

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada pihak Kemenpora di bawah kepemimpinan Bapak Menpora Imam Nahrawi dengan menyelenggarakan kegiatan Gowes Pesona Nusantara yang berlangsung di Kabupaten Teluk Wondama ini. Digelarnya event ini kami memiliki harapan besar kehidupan masyarakat kami semakin hari akan semakin baik," ucap Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Indubri, Jumat (8/6).

Dia menambahkan, animo warga Wondama mengikuti event itu sangat luar biasa.

BACA JUGA: GPN Simbol Penyemangat Menjaga Keutuhan Indonesia

“Saya percaya bahwa kegiatan ini akan semarak karena dengan dihadiri lebih dari dua ribu orang yang melibatkan beberapa komunitas yang ada di daerah ini," tambah Paulus.  

Kabupaten Teluk Wondama merupakan daerah yang baru berumur 14 tahun melalui pemekaran Kabupaten Manokwari berdasarkan UU Nomor 26 Tahun 2002.

BACA JUGA: Kemenpora Terima Tanah dari Merauke Dalam Rangkaian GPN 2017

Paulus menuturkan, kehadiran GPN di daerahnya merupakan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan.

"Kami bersyukur kegiatan ini nyatanya hadir di sini sehingga mampu membangun kembali rasa kebersamaan antarsuku, agama yang bagi saya luar biasa. Apalagi, kabupaten ini sungguh dan sangat terkenal di tanah Papua dengan nama Tanah Peradaban orang Papua," tuturnya.

"Oleh sebab itu, kehadiran Gowes Pesona Nusantara di sini tidak salah karena memang bagian penting dari sejarah perjalanan Papua dari keterpurukan, kebodohan bisa mengenal bagaimana besar kasih Tuhan dan keramahan Tuhan bagi Papua yang dimulai dari Wondama," imbuh Paulus.

Wondama sendiri memiliki luas daerah kurang dari 15 ribu kilometer.

Kabupaten itu memiliki pesona bahari yang menakjubkan. Saat ini, populasi penduduk Wondama sekitar 40 ribu jiwa.

Paulus mengatakan, kegiatan itu mampu menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan melalui potensi wisata yang dimiliki.

"Kami berharap melalui potensi wisata bahari yang dimiliki oleh Wondama mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Sebab, pesona alam kami tak kalah bagusnya seperti yang ada di Raja Ampat dan lainnya, meski kami masih mengalami keterbatasan dalam hal infrastruktur pendukungnya," tutur Paulus.

 Masyarakat Wondama tak hanya terdiri dari warga Papua, tetapi juga pendatang dengan beraneka ragam ras, suku, dan agama yang hidup saling menghormati.

"Hal ini merupakan bagian penting dalam menjaga NKRI. Maka, melalui ajang ini sekaligus mempererat tali persatuan terhadap ras, suk,  dan agama," pungkasnya.

Sementara itu, Kadispar Wondama Frans Mosmafa mengatakan, event ini menjadi ajang promosi bagi destinasi pariwisata.

"Melalui kegiatan ini maka mampu mengekspos keindahan alam, keragaman budaya Wondama. Gowes Pesona Nusantara di Wondama akan menampilkan nasionalisme dengan memunculkan kebinekaan yang ada di sini,” ujarnya.

Di sisi lain, Kabid Pembinaan Olahraga Massal dan Kesehatan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga I Nyoman Winata mengaku senang dengan komitmen yang ditujukan Wondama dalam perhelatan ini.

"Kami berharap melalui Gowes Pesona Nusantara, Wondama akan lebih dikenal masyarakat luas melalui kebinekaannya, destinasi wisata yang kini menjadi unggulan pemerintah," ucapnya. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribuan Peserta Gowes Pesona Nusantara Padati Lapangan Mandala Merauke


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler