Gubernur Ganteng Marah: Honorer Saya Pecat Semua!

Sabtu, 12 Maret 2016 – 12:33 WIB
Gubernur Jambi Zumi Zola saat sidak ke Kantor Samsat Jelutung Kota Jambi. Foto: Jambi Ekspres/JPG

jpnn.com - GUBERNUR Jambi Zumi Zola Zulkifli memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik. Sejak dilantik 12 Februari lalu, gubernur ganteng itu gencar melakukan sidak di tempat pelayanan  publik di Provinsi Jambi. Seperti RSUD  Raden Mattaher , RSJ. 

Kemarin (11/3)  sekira pukul 08.30 WIB, Kantor Samsat Jelutung Kota Jambi menjadi sasaran.  Kedatangan orang nomor satu di Provinsi Jambi ini membuat pegawai kocar-kacir. 

BACA JUGA: UNIK! Mentari Lahirkan Bayi saat Gerhana Matahari, nama Anak?

FATHUL MUBARAK-Jambi   

BANYAK yang pegawai di  Kantor Samsat  kaget dengan kedatangan Gubernur. Apalagi banyaknya pegawai yang tidak ngantor.  Bahkan ketika disuruh berkumpul mereka kelabakan. Ini menambah Zola geram. Atas kejadian ini dia minta semua honorer dipecat, PNS yang malas diminta mundur. 

BACA JUGA: HOROR! Sempat Hilang, Mengaku Disekap Penguasa Laut

“Gimana mau capaian targetnya tercapai jika melayani masyarakat saja seperti ini,” kata Zola di hadapan pegawai Samsat. 

Ketika diabsen, beberapa nama yang disebutkan Zola banyak yang tidak ada ketika berkumpul. Mereka pun  berdalih bahwa namanya yang disebutkan itu sedang melayani masyarakat di lantai bawah. 

BACA JUGA: Kisah Sedih Arema Cronus, Tim Spesialis Gagal di Turnamen Besar

Dari sidaknya kemarin, banyak ditemukan keganjalan yan g membuat Zola tiba-tiba marah kepada kepala Samsat maupun pegawainya. Mirisnya lagi, ia menemukan ada seorang pegawai Samsat yang melakukan pungutan liar kepada masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan.

Satu diantara temuan yang juga turut menjadi pertanyaan besar Gubernur Jambi Zumi Zola yakni tidak tercapainya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Samsat Kota Jambi yang sebelumnya menjadi temuan BPK tahun 2015.

“Kita bisa lihat saat ini jalan di Kota Jambi sudah mulai macet. Itu pertanda bahwa kendaraan mulai meningkat, tapi kenapa PAD disini tidak tercapai target,” kata Zola usai melakukan sidak di kantor Samsat. 

Masyarakat yang diminta uang oleh pegawai Samsat itu ialah Inesia. Dia diminta uang Rp 500 ribu. Inesia ingin mengurus STNK yang telah hilang. Di hadapan Gubernur Jambi, dia langsung curhat sambil menangis. 

Begitu mendengar ada keluhan, Zola langsung meminta kepada Inesia untuk menunjuk oknum yang meminta pembayaran denda Rp 500 ribu itu. Hanya saja, pegawai Samsat itu berkilah. Dia mengaku hanya meminta bayaran pengurusan STNK Rp 200 ribu.

Melihat kejadian itu, Zola pun mulai geram dengan aksi sejumlah pegawai Samsat. Tak tanggung-tanggung, Zola pun tidak segan-segan memecat pegawai honorer pada hari itu juga.

“Saya sangat kecewa sekali. Honorer saya pecat semua!. Kalau tidak sanggup bekerja PNS-nya lebih baik mundur,” tegas Zola sambil berbicara didepan sejumlah pimpinan Samsat.

Tak hanya disitu saja, Zola pun mengkritik tidak adanya SOP yang terpajang di kantor Samsat tersebut. Ia pun berharap senin besok SOP tersebut sudah ada. 

“Masyarakat jangan ditipu. Masih untung mereka ada kesadaran untuk bayar pajak. Saya kecewa sekali, kalau perlu kepala Samsatnya saya ganti. Ini harus ada perubahan,” katanya. 

Ia berharap untuk instansi khususnya pelayanan publik lainya di Provinsi Jambi bisa lebih meningkatkam kinerja maupun pelayananya kepada masyarakat, karena dirinya tak akan segan-segan menindak tegas pegawainya yang bekerja tidak maksimal.

“Saya harap intansi lainya segera mengkritisi dirinya lebih dulu sebelum saya yang sidak. Kalau sudah saya sidak jadinya seperti ini. Jangan main-main dengan uang negara, saya  alergi itu,” katanya. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Samsat Kota Jambi, Muhammad Rum mengatakan, pihaknya akan bertanggung jawab atas kejadian ini.

“Saya iklas dan terima apapun resikonya kedepan. Karena pimpinan memberikan informasi yang benar. Kalau pimpinan mengaku tidak memenuhi keinginanya maka sesuai ketentuan kita harus terima,” katanya.

Ia juga menambahkan dengan adanya kunjungan Zola ini bisa memotivasi sejumlah pegawainya yang kedisplinanya masih kurang. 

“Saya menyambut baik atas sidak ini. Saya butuh ini, sehingga teman-teman yang menganggap disiplin itu sepele, dengan  ini menjadi motivasi yang sangat luar biasa. Kita akan melakukan perbaikan,” katanya. 

Informasi yang diterima Harian Pagi Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), calo pengurusan surat kendaraan di Samsat memang bergentayangan. Para calo bisa menembus lebih cepat dalam proses pengurusan surat kendaraan. 

Di kantor itu, para calo tak ubahnya seperti agen tiket bus mengejar kesana kemari calon mangsanya. Mereka terang-terangan menawarkan jasanya untuk pengurusan lebih cepat. Mereka juga tak sungkan membuntuti warga yang ingin mengurus surat kendaraan.(sam/jpnn)
  

BACA ARTIKEL LAINNYA... Romantis Banget! Si Cantik Berhijab Merah Ini Dilamar saat Gerhana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler