Hari Ini PT LI Mulai Lakukan Verifikasi

Jumat, 20 Agustus 2010 – 09:36 WIB
JAKARTA - Menyongsong bergulirnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2010/2011, mulai hari ini PT Liga Indonesia (PT LI) mulai melakukan verifikasi kepada para pesertaRegulator kompetisi sepak bola profesional itu mengawalinya dengan mendatangi markas PSPS Pekanbaru, hari ini, Jumat (20/8)

BACA JUGA: Lorenzo: Saya Tak Gentar Rossi

Agendanya, melihat stadion alternatif tim berjuluk Askar Bertuah itu, yakni Stadion Kuantan Sengingi.

PSPS harus menyodorkan stadion alternatif, karena Stadion Kaharudin Nasution Rumbai saat ini direnovasi untuk pagelaran PON 2012
"Untuk besok (hari ini, Red), verifikasi hanya mendatangi markas PSPS

BACA JUGA: Menang, Phelps Masih Kesulitan

Verifikasi ini sangat penting, karena bisa menentukan nasib tim lainnya," kata Manajer Lisensi PT LI, Llano Mahardika.

Llano mengatakan, PT LI akan mengecek kondisi lapangan dan stadion
"Mengingat stadion ini belum pernah dipakai menggelar laga ISL

BACA JUGA: MNC Group Pegang Tiga Tahun Hak Siar Liga Inggris

Termasuk standar ruang ganti dan tribunnyaBegitu juga akses menuju stadion yang tidak boleh melebihi standar AFC, yakni tiga jam dari bandara," katanya.

Jika Stadion Kuantan Sengingi memenuhi syarat menggelar laga ISL, Semen Padang disebutkan juga tak menutup kemungkinan bermigrasi ke sanaIni karena markas Semen Padang, Stadion H Agus Salim, dinilai tidak memenuhi syaratPengurus tim berjuluk Kabau Sirah juga sudah mengajukan permohonan pindah ke Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ)Tapi, secara geografis, Semen Padang lebih dekat menyatu dengan PSPS di Stadion Kuantan Sengingi, ketimbang satu atap dengan Sriwijaya FC di Palembang.

Llano menambahkan, tidak semua tim ISL akan diverifikasiSetidaknya, sejauh ini ada tujuh tim lainnya yang akan didatangiMasing-masing yakni Semen Padang, Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, Persiwa Wamena, serta Persela LamonganKetujuh tim itu akan didatangi pada gelombang kedua, 1 September mendatang.

"Verifikasi memang hanya ditujukan kepada tim dengan status "pasien berat" PT LISementara 10 lainnya masih bisa diterima dengan melakukan perbaikan sedikit," bebernya.

Llano menegaskan, dalam verifikasi ini, pihaknya tidak akan melihat kemegahan sebuah stadionKarena itulah, meski kandang Deltras, Gelora Delta, bagus secara bangunan, tetap akan didatangiStadion yang kerap jadi langganan menggelar laga penting Liga Indonesia itu, saat ini tercatat mengalami penurunan kualitas lapangan.

Jika Deltras tidak mampu memperbaiki, PT LI bisa saja mendepak Deltras ke Gelora Bung Tomo, SurabayaBegitu juga dengan Persiwa, yang berpeluang dipindahkan ke Stadion Mandala, Jayapura.

Sementara itu, Persibo Bojonegoro terus melakukan persiapan menjelang dilakukannya verifikasi oleh PT LI"Untuk pembentukan badan hukum, sudah tidak ada masalah, karena sudah proses di Depkumham," kata Manajer Persibo Bojonegoro, Letkol Inf Taufik Risnendar, kepada Radar Bojonegoro (grup JPNN)Menurutnya, badan hukum yang dibentuk Persibo adalah PT Persibo Bojonegoro Mandiri.

Sementara untuk training ground, menurut Risnendar, Persibo akan menggunakan lapangan Sekolah Model Terpadu Sukowati KapasMenurutnya, lapangan tersebut cukup standar dijadikan sebagai training ground"Kita kan selama ini memang sudah mengunakannya," lanjutnya.

Sementara terkait adanya syarat lain yaitu pembentukan berbagai tim usia muda dan kompetisi internal, dia pun menjelaskan tak ada masalahBahkan lanjut Risnendar, tim Persibo U-21 sendiri sudah terbentuk dua bulan lalu dan terus menjalani latihan.

"Sementara untuk U-17, akan beres usai hari raya, setelah dilakukan kompetisi U-17," ungkapnyaUntuk berjaga-jaga, Persibo juga disebutkan sudah mengajukan stadion pendamping yaitu Stadion Manahan Solo, sebagai homebase.

Sementara itu pula di tempat lain, manajemen Persela Lamongan juga menyatakan siap untuk diverifikasiSaat ini, manajemen tim tersebut tengah mengebut pembangunan lapangan untuk latihan, di kawasan DeketSementara untuk aspek lainnya disebutkan sudah tidak ada persoalan(ali/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Riedl Coret Boaz-Kabes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler