Hasto Sindir Pemimpin Negara yang Seperti Peramal Ungkit Kecurangan Pemilu

Rabu, 21 September 2022 – 20:16 WIB
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyindir pemimpin yang berbicara kecurangan pemilu pada saat pesta demokrasi di Indonesia belum digelar. Tindakan seperti itu memperlihatkan pemimpin sebagai peramal.

Hasto melayangkan sindiran saat berpidato di acara Pendidikan Kader Pratama (PKP) yang diinisiasi oleh DPC PDIP Kota Tangerang Selatan di Sekolah Partai, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/9).

BACA JUGA: AHY Dianggap Blunder Serang Jokowi Lewat Insfrastruktur, Coba Bandingkan era Ayahanda SBY

"Kalau pemimpin bicaranya ini terjadi kecurangan pemilu, ini ada kecurangan pemilu, padahal pemilunya saja belum berjalan," kata peraih doktoral dari Universitas Pertahanan (Unhan) itu, Rabu.

Hasto meminta kader PDIP tidak diam menyikapi narasi kecurangan pemilu yang digulirkan. Akhir-akhir ini Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengutarakan narasai itu.

BACA JUGA: Mahyudin Ingatkan SBY, Keras

Hasto juga tidak ingin ada pihak-pihak yang mencoba menjatuhkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ketika itu ditujukan kepada Pak Jokowi yang tugasnya saat ini berat. Kami membela Pak Jokowi saudara sekalian. Cuma jangan emosi," ungkap pria kelahiran Yogyakarta itu.

BACA JUGA: Hasto PDIP Merespons Pidato SBY, Syahrial Nasution Merasa Heran

Hasto mengatakan pemimpin negara seharusnya menunjukkan intelektualitas dalam berpolitik seperti yang ditunjukkan Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno.

Semisal, katanya, Bung Karno selalu memerhatikan terjadinya feodalisme di tingkat global, sampai terjadi revolusi Prancis.

Tidak hanya itu, kata dia, Bung Karno turut mempelajari Leninisme, Marxisme, dan Sosialisme hingga akhirnya Presiden pertama RI itu melahirkan Pancasila sebagai puncak ideologi dunia.

"Namanya pemimpin berbicara memadukan masa lalu untuk menyelesaikan masalah sekarang dan masa depan. Membangun masa depan, itu namanya pemimpin," kata Hasto.

Dia dalam kesempatan yang sama turut menyinggung tentang perlunya kader PDIP bisa menjawab partai pencari panggung dari kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi.

Menurut Hasto, kader PDIP memberikan jawaban.

"Ketika ada partai yang memasang spanduk di mana-mana, jelaskan, dahulu blok Cepu diberikan kepada ExxonMobil, anda duduk di situ. Coba dikelola Pertamina, kita berdaulat," ujarnya. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Adian Napitupulu Bandingkan Kenaikan Harga BBM era SBY dengan Jokowi, Jauh Banget


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Hasto   Hasto Kristiyanto   PDIP   Pemilu   SBY  

Terpopuler