Hey! Ikan-ikan Cantik Menanti Anda di Pulau Ini

Minggu, 24 April 2016 – 14:59 WIB
Surga bawah laut di Pulau Lengkuas. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN.com

jpnn.com - "Ini pasti surga yang terlupakan di Indonesia. Saya hanya tahu Bali, tak disangka masih ada surga lainnya di sini. Benar-benar surga di bawah laut. Indonesia benar-benar luar biasa.."

NATALIA FATIMAH LAURENS, BELITUNG

BACA JUGA: Sebenarnya Saya Empat Kali jadi Menteri

Pujian itu datang dari turis asal Inggris, John Baistow yang baru pertama kali menapakkan kaki di Belitung Barat, tepatnya di Pulau Lengkuas yang terkenal di tempat tersebut. Baistow menyebut tempat itu sebagai surga karena ia menghabiskan waktu untuk free dive dan snorkeling di beberapaspot bawah laut sekitar Pulau Lengkuas .

 

BACA JUGA: Mbah Menteri Bilang, Itu Memang Petunjuk Bapak Presiden

Para traveler pecinta diving, free dive dan snorkeling juga bisa menyaksikan surga bawah laut itu dengan mudah. Bagaimana caranya bisa sampai ke snorkeling spot Pulau Lengkuas? Gampang!. Baistow mengatakan, dia cukup menyewa kapal kecil dari Pantai Tanjung Kelayang menuju Pulau Lengkuas. Harga sewa kapal sehari Rp 400 ribu. Muraaaah!. Jika Anda pergi secara berkelompok, tentu bisa patungan duit untuk menyewa kapal.

BACA JUGA: Gadis Cantik Berhijab Ini Juara Membaca Kitab Kuning

“Bisa sekaligus menyewa alat snorkeling di kapal itu. Murah sekitar Rp 40 ribu. Saya tidak menyewa karena saya membawa sendiri kaca mata renang dan snorkel,” ujar Baistow yang berada satu kapal dengan reporter JPNN.

Pantai Tanjung Kelayang sendiri bisa didatangi sekitar 30-45 menit dari ibu kota Belitung, Tanjung Pandan. Anda bisa juga mencari penginapan murah meriah di sekitar pantai itu sehingga bisa dengan mudah mencari kapal menuju pulau-pulau kecil di sekitarnya. Tarif home stay bervariasi, mulai dari Rp 150 ribu-Rp 250 ribu. Tergantung pilihan Anda.

Sementara itu, pemilik kapal, Iwan Untung mengatakan, dengan harga sewa kapal Rp 400 ribu, ia akan mengantarkan pelanggan ke tiga pulau. Yaitu Pulau Lengkuas, Pulau Kepayang dan Pulau Kelayang. Kebanyakan wisatawan memilih ke Pulau Lengkuas terlebih dahulu. Selain untuk snorkeling, mereka juga akan mengunjungi menara mercusuar yang terkenal di pulau tersebut.

“Snorkeling dengan ikan paling banyak memang di spot Lengkuas ini. Perjalanan paling 40 menitan karena tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang,” ujar Iwan.

Di  snorkeling  spot Pulau Lengkuas, tak butuh banyak waktu untuk mencari di mana letak ikan-ikan cantik. Karena saat meloncat ke dalam laut, justru ikan-ikan yang akan langsung mengerubungi Anda. Akhh..menyenangkan bukan melihat ikan-ikan itu tanpa malu datang pada Anda?

Biasanya, Iwan mengingatkan wisatawan untuk membawa beberapa potong roti untuk ikan-ikan tersebut. Satu potong roti akan membuat ratusan ikan itu berbondong-bondong datang pada Anda. Jangan lupa juga membawa underwater camera. Anda tidak mungkin hanya bermain dengan ikan tanpa mengabadikan surga bawah laut itu.  Sekitar satu jam lamanya, JPNN dan rombongan snorkeling di sekitar pulau itu. Saat matahari semakin terik dan perut mulai lapar, sekitar pukul 11.00, kami akhirnya kembali ke kapal untuk menepi di pulau itu.

Kami juga harus menyiapkan tenaga ekstra untuk bertemu ikan-ikan cantik di pulau-pulau lainnya. Meski diakui, surga terbaik memang di sekitar Lengkuas tersebut. Jadi tunggu apa lagi, guys?! Yuk! buruan ke Belitung, ikan-ikan cantik sedang menanti Anda di pulau-pulaunya. Selamat mencoba! (flo/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kisah Mengharukan, Dari Menandu Pasien Hingga Dihadang Babi Hutan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler