Ibas Yakin Ketahanan Ekonomi RI Stabil

Kamis, 11 Agustus 2011 – 18:52 WIB

JAKARTA-Gonjang-gajing perkonomian yang melanda  Amerika Serikat dan Eropa, diyakini tidak berpengaruh pada ketahanan ekonomi Indonesia secara umum.

Hal itu disampaikan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito, saat menemani Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Sekretaris Jendral  (Sekjen) Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, dan DPP Partai Demokrat Sutan Bhatoegana di press room BEI, Jakarta, Kamis, (11/8).

Menurutnya, ketahanan ekonomi di Indonesia sudah sangat kuatBuktinya pertumbuhan ekonomi pada pertengahan 2011 atau pada kuartal kedua mencapai 6 setengah persen

BACA JUGA: Jaringan Gas Dimulai, Tagihan Lebih Murah

“Itu sangat baik, dan saya yakin hingga akhir 2011, ketahanan ekonomi kita akan terus stagnan,” jelasnya.

Selain pertumbuhan ekonomi yang dinilai baik, hal lain yang memperlihatkan ketahanan ekonomi Indonesia cukup kuat ialah rasio utang Indonesia dari Produk Domestik Bruto (PDB) masih jauh lebih kecil ketimbang Negara di Eropa dan Amerika.

“Rasio utang kita (Indonesia) hanya 25 persen dari PDB
Sedangkan utang Amerika Serikat mencapai 100 persen lebih dari PDB

BACA JUGA: Lebaran, BBM - Listrik Aman

Untuk Negara di Eropa utangnya berkisar 50-90 persen
Belum lagi realisasi investasi yang terus tumbuh

BACA JUGA: Laba Pertamina Naik 70,39 Persen

Sehingga ketahanan ekonomi kita jauh lebih baik,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku ini adalah  momen yang penting bagi dirinya dan partai untuk ikut dan melihat langsung bagaimana proses pemuktahiran data di BEI.

“Kami ingin memberikan perhatian pada perekonomian IndonesiaSebab ramai dibicarakan saat ini, Negara Eropa dan Amerika Serikat dalam keadaan krisisTentunya, hal itu jangan sampai menjalar ke Indonesia,” jelasnya.

Sehingga, kata dia lagi, dalam upaya mempertahankan penguatan ekonomi, tentunya banyak langkah yang akan ditempuhPaling penting ialah kebijakan ekonomi harus tetap solid jangan sampai bergeserTetap memberikan porsi yang besar untuk pertanian, nelayan, dan  investasiDiharapkan, lanjutnya,  dengan porsi yang besar itu mampu menghidupkan ekonomi kecil menegah.

Selain itu, pajak juga harus benar-benar dikelola secara benarSebab pajak dinilai mampu mendorong perekonomian negara jadi lebih baik“Semua ingin  ekonomi terus stabil dan tumbuh, sehingga bisa berdampak langsung pada kesejahteraan rakyatPercuma kalau ekonomi baik, tapi masyarakatnya tidak sejahtera,” jelasnya.

Sedang Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono mengatakan, sangat  opotimis ke depan ekonomi Indonesia tumbuh baik dan terus stabilPartai Demokrat, katanya, akan mendorong penguatan ekonomi dengan cara memperbanyak program pro rakyat, alokasinya diperjelas dan anggaran diperbesar.

Selain itu, politisi muda yang biasa dipanggil Ibas itu mengatakan, kedatangannya ke BEI tidak ada kaitannya dengan kepentingan bisnis dengan bermain sahamDia datang ingin  melihat secara langsung pemuktahiran  data penguatan ekonomi Indonesia yang ada di BEI.

“Intinya, kami ingin sinkronisasi antara ekononi dan politikBahwa ekonomi harus jadi perhatian pokokSaya pun optimis ketahanan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut,” tutupnya(*/luc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hatta Tengahi Perselisihan Fadel dan Mari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler