Ibu-Ibu, Kalau Mau Tukarkan Uang Silakan di Lapangan Monas Saja Ya, Lebih Aman

Senin, 22 Juni 2015 – 18:28 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah memindahkan fasilitas penukaran uang yang sebelumnya di Lapangan IRTI Monas ke lokasi baru yang suasananya jauh lebih tenang, aman dan nyaman yaitu di Lapangan Monas, Jakarta, sejak Rabu (17/6) lalu. 

Fasilitas penukaran tersebut sejak dibuka hingga hari ini, Senin (22/6) terus dikunjungi ratusan masyarakat. Setiap hari mereka rela mengantre untuk menukarkan uang. 

BACA JUGA: Jika Rapor Operator Bus Transjakarta Buruk, Siap-Siap Kontraknya Diputus

Meski terlihat antre mengular, masyarakat sudah lebih nyaman dalam bertransaksi. Sebab, lokasi ini lengang, tenang, aman dan nyaman, jauh dari keramaian.

Dari pantuan JPNN.com di lapangan, masyarakat yang mengantre lebih didominasi oleh pria dibanding wanita. "Ya bisa dilihat sendiri sampai hari ini masih banyak yang mengantre untuk menukarkan uang," ujar Asisten Direktur Departemen Pengedaran Uang BI, Faisal.

BACA JUGA: Sopir Bus Transjakarta Penabrak Sejumlah Kendaraan di Mampang Dipecat

Faisal menjelaskan, layanan penukaran uang di Monas masih dibuka sampai 15 Juli 2015 mendatang, setiap Senin-Jumat dari pukul 09.00-13.00 WIB. Sementara untuk Sabtu-Minggu libur. 

"Kalau Sabtu-Minggu di sini (Monas) libur, tapi kami buka di PRJ Kemayoran dari jam 4 sore sampai jam 8 malam," jelas Faisal.

BACA JUGA: Pengemudi Transjakarta Terancam Lima Tahun Penjara

Faisal menambahkan, BI telah menyiapkan uang receh dengan pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu. Di mana setiap orang mendapat jatah penukaran Rp 3,7 juta per transaksi. Nominal tersebut sama dengan tahun lalu.

"Rp 3,7 itu bukan untuk membatasi ya. Jadi kalau ada masyarakat mau tukar lebih dari Rp 3,7 juta boleh. Syaratnya ya harus antre lagi dia," kata Faisal.

Dia berharap, fasilitas penukaran uang yang sudah disediakan BI bisa membantu masyarakat agar tidak kebingungan mencari uang receh untuk diberikan kepada sanak saudara saat lebaran tiba. 

Pria berkacamata ini juga menyarankan masyarakat agar menukarkan uang di tempat yang resmi untuk menghindari penipuan. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anak Ratu Atut Mengaku Tidak Tahu Sumber Harta Wawan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler