Ical Terus Galang Hubungan Dengan Partai Luar Negeri

Kali Ini, Temui Pimpinan Partai Pemenang Pemilu Thailand

Rabu, 23 November 2011 – 07:57 WIB

BANGKOK - Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie terus menggalang dukungan dengan menjalin hubungan dengan sejumlah partai pemenang pemilu di berbagai negaraSetelah berbagai kunjungan diplomatik ke sejumlah negara tetangga Indonesia, kali ini Ical -sapaan akrab Aburizal- menjalin hubungan dengan Pheu Thai Party (PTP) yang notabene pemenang pemilu di Thailand.

Pertemuan antara Ical dengan Yongyoot Wichaidit kemarin (22/11), digelar di Gedung DPP PTP di Bangkok

BACA JUGA: MK Kukuhkan Kemenangan Atut-Rano

Ical hadir dengan sejumlah pengurus DPP Partai Golkar lainnya, diantaranya Wakil Ketua Umum Theo L Sambuaga, Bendahara Umum Setya Novanto, Ketua DPP bidang komunikasi Fuad Hasan Masyhur, dan Ketua Bidang Kajian Kebijakan Strategis Rizal Mallarangeng.

Sementara, Yongyoot didamping sejumlah pejabat teras PTP seperti Deputi Pimpinan Kanawat Wasinsungworn, Juru Bicara Prompong Nopparit dan Anggota Dewan PTP Sunai Chulpongsatorn.

Ical dalam pertemuan itu menyatakan keinginan dirinya untuk menjalin hubungan dengan Partai yang cikal bakalnya didirikan oleh mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Sinawatra itu
Menurut dia, penting bagi Partai Golkar untuk menjalin hubungan dengan partai pemenang pemilu negara lain

BACA JUGA: DPR Anggap Serius Masalah LHKPN Jadul bagi Capim KPK

"Hubungan ini penting, terutama apa yang bisa dilakukan terkait kerjasama dalam lingkup ASEAN," ujar Ical.

Sebelum menemui PTP, Ical sudah melakukan safari politik dengan menemui pimpinan partai ataupun kepala negara lain
Sebagai Ketum Golkar, Ical saat ini sudah menjalin hubungan dengan Partai Komunis Tiongkok

BACA JUGA: Kasus LHKPN Capim KPK Bisa Fatal

Ketika itu, Ical ditemui langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai Komunis Tiongkok

Selain itu, Ical juga menjalin hubungan dengan Presiden Timor Leste Ramos HortaIcal juga sudah menjalin hubungan Partai Demokrat Timor LesteTermasuk pula menjalin hubungan dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan PM Singapura Lee Hsien Loong.

Menurut Ical, kerjasama ini diharapkan akan terjadi hubungan timbal balik antar kedua belah partaiDalam hal pendidikan kader, diharapkan terjadi pertukaran kader antara Partai Golkar dengan PTPTermasuk juga untuk menggelar seminar bersama di masing-masing negaraBisa jadi, kesepakatan itu akan ditetapkan dalam nota kesepahaman bersama atau MoU.

Selain menemui Pimpinan PTP, rencananya hari ini Ical juga akan bertemu dengan PM Thailand Yingluck ShinawatraSeperti diketahui, Yingluck adalah PM wanita pertama Thailand yang diusung oleh PTP dalam pemilihan umum yang digelar pada tahun 2011"Pertemuan dengan Yingluck, akan membahas tidak hanya terkait partai, namun juga posisi hubungan Indonesia dengan Thailand ke depan," kata Ical.

Ical membantah jika safari politik luar negerinya itu terkait dengan upaya Partai Golkar untuk mengajukan dirinya sebagai capresDalam hal ini, pertemuan dirinya dengan berbagai pimpinan kepala negara dan partai membicarakan berbagai hal kenegaraan(bay)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tim Pansel KPK Diminta Bertanggungjawab


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler