ICW: 13 Jurus Pelemahan KPK Terus Berlangsung

Senin, 21 Desember 2009 – 19:11 WIB
Danang Widoyoko membeberkan 13 jurus pelemahan KPK. Foto: Agus Srimudin/JPNN.
JAKARTA - Anggota Indonesia Corruption Watch (ICW), Danang Widoyoko, mengatakan bahwa ada 13 jurus (cara) yang dilakukan dalam konteks pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)Ironisnya, pelemahan-pelemahan itu katanya, saat ini masih terus berlangsung

BACA JUGA: KPK Tunggu Laporan Harta Sri Mulyani

Dalam hal itu, Danang menyebutkan bahwa peran masyarakat dan NGO (LSM) sangat penting dalam membela pemberantasan korupsi.

"Tiada hari tanpa pelemahan KPK
Tren di 2009, pelemahan itu tampak sistematis

BACA JUGA: Aneh, Mau Nyadap Harus Izin

Kami mencatat ada 13 jurus pelemahan KPK
Terbongkarnya kasus Anggodo Widjojo merupakan bagian kecil dari gunung es," kata Danang dalam acara Refleksi Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi 2009, di Le Meridien Hotel Jakarta, Senin (21/12).

Danang menuding dunia politik berpotensi menjadi sumber korupsi terbesar

BACA JUGA: Sumber Harta Pejabat Harus Dicatat

Oleh karena itu katanya, pelemahan KPK bisa dilakukan oleh serangkaian serangan lewat legislasiDari ke-13 jurus pelemahan KPK yang disebutnya itu, di antaranya ialah judicial review UU KPK ke MK, proses seleksi pimpinan KPK, ancaman bom, ide pembubaran KPK, penolakan pengajuan anggaran KPK, hingga serangan legislasi (legislation attack).

Cara lain adalah dengan pengkerdilan kewenangan penyadapan, menghilangkan/mengaburkan kewenangan penuntutan, penarikan personal penyidik dan auditor, membekukan fungsi penyidikan dan penuntutan KPK, serta rencana audit BPKP terhadap KPKBelum lagi juga adanya ancaman terhadap investigasi kasus Century, serta kriminalisasi dan rekayasa hukum terhadap dua pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

"Hasil penyadapan, pengungkapan kasus suap adalah penanganan yang terbesarBila alat sadap dilepas, berarti KPK tidak bergigi lagiApa bedanya KPK dengan pengamat atau wartawan," tukas Danang pula(gus/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPK Dalami Penyelewengan Upah Pungut


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler