Indonesia Seriusi Wisata Cruise

Kamis, 06 Januari 2011 – 14:04 WIB
JAKARTA - Wisata kapal pesiar atau sering disebut cruise, di Indonesia masih belum mendapat perhatian khususTerbukti dengan masih belum banyaknya pelabuhan khusus kapal cruise di Indonesia, serta masih banyaknya peraturan imigrasi yang menghambat kedatangan kapal-kapal pesiar mewah dari berbagai negara ini

BACA JUGA: Inflasi Tinggi Belum Ganggu BI Rate

Padahal, potensi kelautan nusantara ini berkelas dunia.

Untuk itulah, pemerintah berencana akan serius memperhatikan wisata kapal pesiar ini
Salah satunya dengan rencana kerjasama dengan pemerintah Singapura untuk membuat pelabuhan-pelabuhan cruise, di mana nantinya kapal-kapal ini akan bergerak menuju ke seluruh daerah wisata di Indonesia melalui jalur laut.

"Dalam puncak pertemuan bilateral antara Indonesia dengan Singapura kemarin, memang kita membicarakan masalah pelabuhan cruise ini juga

BACA JUGA: PBBKB Naik, Bahan Bakar Non-Subsidi Ikut Naik

Sekarang sudah ada kita buat pelabuhan di Semarang, wisatawannya ke Borobodur dan keliling-keliling, tapi tidurnya tetap di kapal," kata Menteri Pariwisata Jero Wacik, kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/1).

Saat ini, kata Jero, pelabuhan-pelabuhan untuk cruise sudah mulai ada di tepi laut Surabaya, Batam dan Bali
Tapi, belum ada dermaga khusus

BACA JUGA: Ekspor Nonmigas 2011 Diprediksi Tembus USD 145 Miliar

Sebagian besar cruise saat ini masih banyak berlabuh di tengah laut.

"Ini sedang kita buat dermaganya, supaya bisa lebih merapatKarena turis-turis cruise banyak juga orang tuaUntuk mengembangkan pelabuhan dan dermaga, kita akan coba mengajak investor membangun lebih ke arah TimurKalau bisa, ada pelabuhan cruise di Raja Ampat (Papua)," kata Jero pula.

Jero mengatakan bahwa mulai berdatangannya kapal-kapal cruise ke perairan laut Indonesia, membawa keuntungan yang luar biasa bagi pariwisata tanah airKarena satu kapal pesiar tersebut bahkan ada yang membawa hingga dua ribu orang turis sekaligusMereka akan berlabuh dan kemudian datang ke berbagai lokasi pariwisata di kota-kota yang mereka singgahi.

"Jadi kalau kapal-kapal cruise itu datang, akan sangat luar biasaSaya sekarang sedang mendorong agar para investor mau masuk pada sektor iniLangkah ini juga (sebagai) upaya untuk mempromosikan IndonesiaDi Pulau Komodo misalnya, sekarang sudah ada kapal cruise yang berhenti di sana," ucap Jero lagi.

Disebutkan, wisata cruise ini nantinya akan menjadi salah satu agenda utama yang akan dibahas pada pertemuan bilateral antara Presiden RI dengan Perdana Menteri (PM) SingapuraDirencanakan pada tahun 2012, pembangunan pelabuhan-pelabuhan cruise di berbagai titik sudah mulai dilakukan.

"Yang di Karangasem (Bali), saat ini pelabuhannya sudah mulai dikerjakan dan akan selesai tahun 2012 atau 2013Kalau di Raja Ampat (Papua), itu tentu tinggi sekali investasinyaTapi kita akan seriusi," ungkap Hatta.

Untuk pelabuhan crusie di Karangasem (Bali), kebutuhan investasinya disebutkan mencapai Rp 1 triliun sampai Rp 1,5 triliunPembangunan pelabuhan ini dibiayai oleh anggaran belanja, baik dari pusat maupun daerah, serta sisanya dari investorDirencanakan, pelabuhan cruise di Karangasem ini akan menjadi terbesar di Asia Tenggara(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Beras Naik, Pemerintah Siapkan Operasi Pasar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler