Indonesia v Jepang: Melawan Mental

Jumat, 27 Mei 2011 – 08:18 WIB
QINGDAO - Indonesia menemui rintangan lumayan berat pada babak perempat final Piala Sudirman 2011Pebulu tangkis Merah Putih harus menjalani laga menentukan melawan Jepang di Qingdao Sports Center Gymnasium, Qingdao, Tiongkok, malam nanti (27/5).

Setelah sukses melewati ujian pertama dan mencapai target menjadi juara grup 1B, Indonesia harus mengahdapi ujian kedua untuk bisa memenuhi target melaju hingga ke babak semifinal

BACA JUGA: Persija Ber-homebase di Solo Sampai Selesai

Untuk itu, Indonesia bakal menerapkan strategi yang berbeda dibanding saat melawan Malaysia pada Rabu (25/5).

Indonesia sampai sesi latihan kemarin petang (26/5) memang belum memastikan siapa saja yang akan ditampilkan saat menghadapi Jepang
Alasannya, mereka masih melihat kondisi terakhir pebulu tangkis dan sedang menunggu masukan terkait komposisi terbaik yang dipersiapkan tampil dari tim pelatih.

"Nanti (malam ini, Red) baru kami rapatkan lagi, besok (pagi ini, Red) kami pastikan siapa yang akan diturunkan

BACA JUGA: Superheboh di Bantul

Kami masih harus melakukan diskusi lebih jauh tentang lawan yang akan kami hadapi," kata Manajer Tim Indonesia Hadi Nasri saat mendampingi anak asuhnya latihan kemarin.

Namun, dari wawancara yang dilakukan saat sesi latihan itu, terlihat para ofisial dan pelatih memiliki kekhawatiran tinggi akan lawan yang akan dihadapi
Bahkan, Hadi kesulitan memprediksi di nomor apa saja Indonesia yang lebih unggul seperti saat melawan Malaysia.

Dia menilai, kekuatan tim Matahari Terbit (julukan Jepang) lebih merata dibandingkan dengan lawan-lawan sebelumnya

BACA JUGA: Persija Bermarkas di Solo Sampai Selesai

Selain itu, pebulu tangkis Indonesia sendiri kadang masih memiliki masalah dengan mental selama bertanding di partai-partai superpenting seperti sekarang ini.

"Sebelum bertanding, skor kami dengan lawan masih 0-0Saya kira peluang kami fifty-fifty jugaCuma, kali ini, saya akui Jepang lebih berat dari pada Malaysia," terang lelaki yang juga menjabat Kabid Binpres PB PBSI tersebut.

Perhitungan Hadi tersebut mengacu kepada hasil yang ditorehkan oleh para pebulu tangkis Jepang di beberapa kejuaraan terakhirDia menyebut jika prestasinya terus menunjukkan tren meningkat.

Tapi, bukan berarti dia pesimistis karena dari hasil pengamatannya, permainan wakil Indonesia di dua kali pertandingan Sudirman ini juga semakin baik"Kalau boleh dibilang kekuatan kami cukup seimbang di lima nomor iniSaya yakin pertandingan ini akan menjadi lebih ketat dan lebih sulit diprediksi," terangnya.

Lelaki 61 tahun tersebut menyatakan bahwa kunci kemenangan kali ini terletak pada mental bertandingSebab, secara kualitas teknik, skill, dan fisik Indonesia maupun Jepang tak jauh berbeda.

Hanya, bisa jadi dalam pertandingan kali ini beban para pebulu tangkis Indonesia bakal lebih berat lagiSebab, status mereka yang lolos ke babak perempat final kali ini adalah sebagai juara grup dan juga sebagai unggulan kedua.

"Kami sudah berkali-kali mengingatkan kepada para pebulu tangkis untuk main lepas dan main tenang"Ini memang ujian mental bagi para pebulu tangkis yang rata-rata masih muda," ucap Hadi.

Optimisme tak kalah besar juga ditunjukkan oleh JepangMereka optimistis bisa memberikan perlawanan terbaik kepada Indonesia sebagai salah satu tim unggulan setelah Tiongkok"Mereka ingin memanfaatkan keuntungan mental dalam pertandingan kali ini.

Dia pun sama dengan hadi dalam hal menganalisa peluang-peluang dari setiap nomorDia meyebut jika kekuatan merata dan seimbang di setiap nomor.

"Kami kali ini tak memiliki tekanan terlalu berat karena tidak terlalu diunggulkan seperti tim IndponesiaTapi, ini juga menjadi pertandingan penentuan kami disini, Kami siap memberikan yang terbaik untuk lolos," ucap manajer Jepang Park Joo-bong(aam/ito/jpnn)

Perkiraan dan Head to Head Indonesia v Jepang:

Tunggal Putra: Simon Santoso v Sho Sasaki (4-1)
Tunggal Putri: Adriyanti Firdasari v Eriko Hirose (1-2)
Ganda Putra: Muhammad Ahsan/Bona Septano v  Noriyasu Hirata/Hirokatsu Hashimoto (0-0)
Ganda Putri: Meiliana Jauhari/Gresyia Polii v Satoko Suetsuna/Miyuki Maeda  (0-3)
Ganda Campuran: Fran Kurniawan/Pia Zebadiah v Shintaro Ikeda/Reiko Shiota (0-0)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Klub-klub Bakal Kelimpungan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler