Inginkan Wakil Perempuan Naik Dua Kali Lipat

Kamis, 15 Januari 2009 – 11:32 WIB
Puan Maharani Foto: Dok
JAKARTA – Puan Maharani, putri pasangan Megawati dan Taufiq Kiemas, semakin pandai melempar isu politikPolitikus yang menjadi caleg nomor urut satu dari dapil V Jateng itu menginginkan caleg perempuan meningkat di parlemen

BACA JUGA: Bawa Misi Ajukan Israel Ke Mahkamah Internasional


 
Dia melontarkan alasan bila anggota DPR dari kalangan perempuan banyak, produk perundang-undangan dan kebijakan budget bisa lebih berpihak terhadap kebutuhan perempuan, ibu-ibu, dan anak-anak.
 
"Kalau sekarang ada 12 anggota perempuan di Fraksi PDIP DPR, target kami Pemilu 2009 nanti minimal bertambah menjadi dua kali lipat,’’ kata Puan.
 
Menurut dia, partainya memiliki komitmen yang besar terhadap pengembangan perempuan
Itu tampak dari adanya pendeklarasian PDIP sebagai rumah bagi kaum perempuan.
 
"Artinya, PDIP merupakan rumah yang memfasilitasi, menciptakan iklim, dan peluang bagi perempuan untuk berkembang dan berdaya di semua ranah

BACA JUGA: Dimungkinkan, Pilpres Bareng Pemilu Legislatif

Mulai politik, ekonomi, sosial, sampai budaya,’’ kata sarjana Komunikasi Universitas Indonesia kelahiran 6 September 1973 itu.
 
Fakta komitmen keberpihakan PDIP itu tampak, antara laing, di bidang politik
Jumlah caleg perempuan PDIP yang masuk daftar caleg tetap (DCT) termasuk banyak dibandingkan parpol lain, yakni 221 orang atau 35,19 persen dari total calegnya.
 
Memang, caleg perempuan PDIP yang mendapat nomor urut satu hanya dua orang

BACA JUGA: Elit Parpol Cari Selamat Lewat Perppu Pemilu

Yaitu, Ribka Tjiptaning di Jabar IV dan Puan Maharani di Jateng VTapi, sebagai partai besar, caleg perempuan PDIP yang berada di nomor urut 2 atau 3 sebenarnya tetap berpeluang besar untuk terpilihApalagi, kini Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan penerapan sistem suara terbanyak.
 
Dia menambahkan, berdasar data demografi, pemilih perempuan akan mencapai kurang lebih 77,5 juta jiwa atau setara dengan 50,2 persen dari total pemilih’’Sebagai konsekuensinya, perempuan Indonesia memiliki posisi strategis untuk diperebutkan suaranya,’’ tuturnya.
 
Di dapilnya yang meliputi Klaten, Boyolali, Sukoharjo, dan Kota Solo itu, Puan akan berkompetisi dengan sejumlah tokoh penting dari partai lainDi antaranya, Ketua MPR Hidayat Nurwahid (PKS), atlet bulu tangkis senior Icuk Sugiarto (PPP), GKR Wandansari atau Gusti Mung (Partai Demokrat), dan aktivis buruh Dita Indah Sari (PBR).
 
Siap berhadapan dengan mereka? ’’Saya pasti selalu optimistisAlhamdulillah, kami memenangkan pilgub JatengJadi, kami hanya perlu mengonsolidasikan serta menjaga pemilih yang sudah menjadi basis biar tidak ke mana-mana,’’ ujarnya, lantas tertawa(pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepuluh Parpol Gugat Thershold 2,5%


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler