Inilah Cara Merawat Kulit saat Musim Dingin

Senin, 09 Maret 2015 – 13:23 WIB
entwellbeing

jpnn.com - Saat musim dingin, kulit akan mudah mengalami dehidrasi sehingga akan menjadi lebih cepat kering. Karena itu penting untuk tetap menggunakan pelembab dan tetap menjaga kulit dari kekeringan selama musim dingin.

"Salah satu hal yang paling penting yang dapat kita lakukan adalah menjaga air dari penguapan dari kulit. Untuk melawan cuaca dingin ini, Anda harus sering menggunakan pelembab tebal setiap hari," kata dokter kulit, Dr. Anne Chapas, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (8/3).

BACA JUGA: Manfaat Sehat Minuman Probiotik

Anda tidak perlu melakukan banyak perawatan untuk menjaga kulit dari kekeringan. Cukup dengan mengikuti beberapa tips berikut yang akan membantu Anda mengatasi masalah kulit saat musim dingin.

 

BACA JUGA: Yuk, Pilih Bahan Makanan Pengganti Nasi

1. Wajah

Kulit kering pada wajah dapat menyebabkan eksim dan penampilan yang lebih berkerut.

BACA JUGA: Bikin Ngiler...Pesta Durian Merah, Gratis

Chapas menyarankan, sebaiknya Anda menggunakan krim malam yang mengandung asam hyaluronic tinggi, dimethicone dan antioksidan untuk memperbaiki kulit kering di wajah.

 

2. Bibir

Ketika bibir Anda terkena udara dingin yang ekstrim dan angin, lapisan pelindung kulit bibir kita akan rusak. Hal itu akan mengakibatkan bibir kasar dan pecah-pecah.

Untuk melindungi bibir, gunakan lip balm lilin yang dapat mengembalikan kelembaban dan membantu mencegah penguapan air.

 

3. Tangan

Tangan adalah salah satu daerah paling tebal dari kulit pada tubuh kita. Tapi, bukan berarti kulit tebal lebih memberikan perlindungan. Sebab, sel-sel di dalamnya justru lebih cepat mati dan dehidrasi.

Chapas menyarankan menggunakan lotion pada tangan di malam hari yang berguna untuk menjaga kelembaban tangan.

 

4. Tubuh

Mencegah kulit kering pada tubuh kita tentu saja selalu berkaitan dengan kelembaban. Untuk itu, cobalah menggunakan exfoliating body scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Pengelupasan tidak hanya mempercepat peremajaan kulit, tetapi juga menjaga kelembaban.

 

5. Kulit kepala

Karena kulit kepala adalah hanya salah satu bagian dari kulit Anda, masalah ketombe dapat menjadi masalah umum selama musim dingin.

"Dermatitis seboroik atau ketombe, sebenarnya adalah reaksi terhadap ragi yang hidup di kulit kita," kata Chapas.

Katz menyarankan menggunakan shampoo biasa dengan sedikit teh minyak pohon yang ditambahkan ke dalamnya.

"Teh minyak pohon akan menenangkan kulit kepala dan meringankan beberapa yang gatal yang menyakitkan dan pembakaran. Ini adalah cara yang efektif untuk menyingkirkan gatal," pungkas Katz. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebaya, Pancaran Kecantikan Wanita Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler