Inilah Sosok Iptu Rumangga, Sang Juara Renang dan Ingin Menyikat Penjahat

Sabtu, 20 Mei 2023 – 23:31 WIB
Kanit Jatanras Metro Jakarta Utara Iptu Rumangga Putratama Napitupulu. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Kanit Jatanras Metro Jakarta Utara Iptu Rumangga Putratama Napitupulu menjadi buah bibir setelah kembali menjuarai Event 1st Master Sprint Swimming Championship tingkat se-Indonesia di Kolam Renang Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu (20/5).

Iptu Rumangga pun menceritakan mengenai latar belakangnya. Sejak kecil, dia telah bercita-cita menjadi seorang anggota polisi yang dapat membantu korban kriminal.

BACA JUGA: Irjen Dedi Tegakkan Transparansi, Ogah Ada Calo & KKN di Rekrutmen Calon Polisi

Perwira polisi kelahiran 16 Februari 1993 di Kabupaten Indragiri Hilir itu pun mendaftarkan diri sebagai anggota Polri.

“Waktu lulus SMA saya memang bercita-cita ingin menjadi anggota Polri, tujuannya agar dapat membantu masyarakat yang terkena tindak kriminal,” kata Rumangga saat dihubungi.

BACA JUGA: Polisi Selidiki Motif S Menghina Nabi Muhammad

Lulusan SMA Santo Thomas 1 Kota Medan itu juga penggila renang tersebut. Dia dikenal memiliki stamina prima saat berada di dalam air.

Ketika duduk di bangku SMA pada 2009 hingga 2011, Rumangga berhasil menorehkan prestasi cabang renang tingkat Provinsi Sumatera Utara.

BACA JUGA: Sedang Asyik Berpesta Sabu-Sabu, 4 Pemuda Ini Ditangkap Polisi, Sebegini Barang Buktinya

Kemudian saat mengeyam pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang, dia selama empat tahun berturut-turut sejak 2011-2015 meraih predikat jasmani terbaik (Dira Trengginas).

Selain itu, Rumangga pernah meraih jasmani terbaik saat mengikuti pendidikan di STIK pada 2018-2019.

Yang lebih menakjubkan lagi adalah ketika dirinya berhasil menjuarai Event internasional tingkat Asia Tenggara dalam kejuaraan 1st South East Asian Masters Swimming Championship 2019 di Gelora Bung Karno.

“Waktu itu 2019 lalu, saya menyabet medali perak dan perunggu,” ucapnya.

Hari ini, Sabtu (20/5), Rumangga kembali menjuarai Event 1st Master Sprint Swimming Championship tingkat se-Indonesia di Kolam Renang Bulungan, Jakarta Selatan.

“Hari ini saya ikut lomba renang lagi, puji Tuhan juara satu untuk jarak 50 meter gaya dada, juara satu gaya bebas, dan juara dua untuk jarak 50 meter gaya kupu-kupu,” bebernya di Bulungan.

Dia menegaskan semua prestasi yang berhasil ditorehkan tersebut berkat doa dan dukungan pimpinan serta keluarga tercinta.

“Jika tanpa dukungan pimpinan dan keluarga semua ini tidak akan pernah terjadi,” tukasnya.

Pria berpangkat Inspektur satu (Iptu) ini merupakan jebolan dari Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang 2015 lalu.

Rumangga dikenal sebagai perwira Polri yang gahar dan mahir mengungkap kasus kriminal di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara.

Pelaku kriminal yang mencoba-coba membuat masyarakat resah akan berhadapan langsung dengan tangan dingin Kanit Jatanras Polres Metro Jakarta Utara. (Tan/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Karhutla di Rohil Akhirnya Padam Total, Dua Pelaku Langsung Ditangkap Polisi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler