Inspektorat Pemda Harus Pelototi Pengadaan Barang

Jumat, 13 Desember 2013 – 22:52 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, meminta pengawasan internal atas penyelenggaraan pemerintahan daerah harus lebih berkualitas dan efektif. Sebab jika tidak, cita-cita untuk melihat penyelenggaraan pemerintahan jauh lebih baik dari yang ada sekarang, mustahil dapat terwujud.

Karena itu guna mewujudkan hal tersebut, Gamawan menilai saat ini dibutuhkan adanya perbaikan tatakelola aparat pengawasan intern pemerintah (APIP).

BACA JUGA: Mantan Ketua DPC PD Siap Kembalikan Uang

Di mana dalam perbaikan yang diterjemahkan lewat pembahasan Rancangan Undang-Undang Sistem Pengawasan Internal pemerintah, pemerintah mencoba mengutamakan azas independensi dan kapabilitas.

Karena kedua hal ini dinilai sangat memengaruhi kualitas efektifitas pekerjaan inspektorat dalam melaksanakan tugas pengawasan di lapangan.

BACA JUGA: Akbar Ingatkan Lagi soal Pentingnya Konvensi

“Hal ini perlu dilakukan, karena sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2005, tentang pedoman pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, esensi pengawasan untuk menjamin Pemda berjalan efektif dan efisien menuju kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pelayanan umum dan daya saing daerah,” katanya pada Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Tingkat Nasional 2013, di Jakarta, Jumat (13/12).

Menurut Gamawan, agar peran APIP dapat lebih optimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain, inspektorat di daerah diharapkan senantiasa menjaga akuntabilitas baik kinerja maupun keuangan dengan strategi pencegahan berdasarkan prioritas dan fokus. Terutama terhadap area rawan penyimpangan, seperti pengadaan barang, jasa serta perizinan.

BACA JUGA: Tim Kejagung Telusuri Aset Asian Agri di London

“Meningkatkan sikap kehati-hatian pada pelaksanaan kegiatan pengawasan, perlu ada komitmen dan aparat pengawas perlu meningkatkan kompetensi, independensi, integritas untuk mendorong etos kerja sebagai wujud tanggungjawab profesionalisme di bidang pengawasan,” katanya di hadapan ratusan inspektur provinsi, kabupaten dan kota.(gir/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bekas Ketua DPC PD Bantah Sakit Hati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler