Insyaallah, 33 Anggota Panwas Jambi Dilantik Minggu Ketiga Agustus

Senin, 07 Agustus 2017 – 23:46 WIB
Bawaslu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAMBI - Sebanyak 33 nama anggota Panwaslu terpilih dari 11 Kabupaten/Kota telah ditetepkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi. Rencananya, puluhan anggota Panwas ini akan dilantik pada 24 Agustus mendatang.

Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Ribut Suwarsono mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan pelaksanaan pelantikan. Seperti biasa, pelantikan dilakukan langsung oleh Bawaslu RI.

BACA JUGA: Dor! Polisi Gerebek Pulau Pandan dan Tempat Hiburan Malam  

“Insyaallah tanggal 24 Agustus kita gelar pelantikannya. Ini seusai jadwal yang kita tentukan sebelumnya,” ujarnya kepada Jambi Ekspres, Minggu (6/8) kemarin.

Usai prosesi pelantikan digelar, Panwaslu terpilih selanjutnya di Bimtek selama tiga hari. Tujuannya agar mereka semakin memahami teknis pengawasan ketika bekerja didaerah masing-masing.

BACA JUGA: Jalintim Marak Pungli, Tolong ‘Disikat’ Dong Pak Kapolda

“Nanti setelah dilantik, mereka akan di Bimtek selama tiga hari,” katanya.

Namun demikian, Ribut menjelaskan jika saat ini pihaknya tetap membuka ruang mengakamodir tanggapan masyarakat. Harapannya, agar para anggota Panwas terpilih tidak melanggar ketentuan yang ada.

BACA JUGA: Simak! Ini Warning Kapolri untuk Para Kapolda Terkait Karhutla

“Walaupun sudah ditetapkan, kita tetap meminta tanggapan dari masyarkat,” katanya.

Ribut menjelaskan, tiga nama terpilih dari masing-masing daerah ini merupakan hasil dari rangkaian proses uji kelayakan dan kepatutan. Dalam proses itu, pihaknya menggali beberapa potensi yang dimiliki bai itu etika maupun moral.

“Kita juga memperhatikan tetang bagaimana mereka menghadapi tekanan, bagaimana sikap dan itegritasnya. Maka inilah hasil yang kita anggap memenuhi kreteria,” ungkapnya.

Adapun 33 nama Panwas terpilih yakni, di Kota Jambi ada M. Ibnu Arafah, Ari Juniarman, Fahrul Rozi. Muaro Jambi, Yasril, Muhammad Hafis, M Yusuf dan Batanghari, Mahpud, Ahmad Iqbal, Indra Tritusian.

Kemudian di Tanjabbar ada Hadi Siswa, M Yasin, Mon Rezi dan Tanjabtim Hastuti, Yunanto, Samsedi. Sedangkan Tebo ada Surahman, Masri, Al Anggraini dan Bungo, Abdul Hamid, Ahmadi, Harun Al Rasyid.

Selanjutnya, Sarolangun ada Mudrika, Edi Martono, Abdu Syukur dam Merangin Muhamad Kapi, Markus, Alber Trisman. Untuk Kerinci ada Wawan Kurniawan, Fatrizal, Jatra Permana dan Sungai Penuh; Nadiavila, Netres Jaya, Wiwin Zutrayadi.

Sementara itu, proses seleksi calon anggota Bawaslu Provinsi Jambi masih terus berlanjut. Jum’at (4/8) lalu Timsel telah mengumumkan hasil seleksi administrasi dengan meluluskan sebanyak 69 dari 78 pelamar.

Ketua tim seleksi (Timsel) Asorullah mengatakan nama-nama yang lulus administrasi akan mengikuti tes tertulis sistim CAT pada 9 Agustus mendatang. Pelaksanaan tes dilakukan dengan sistim CAT di kampus STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, Thehok.

"Ada 69 nama yang dinyatakan lulus administrasi akan mengikuti tes tertulis. Dari nama-nama ini, masyarakat diminta memberikan dan tanggapan. Kita membuka ruang ini," pungkasnya. (aiz)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Satu Nama Capanwas Terancam Dicoret


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bawaslu   Jambi  

Terpopuler